Ratusan Rumah di Aceh Timur Terendam Banjir

Image: Ratusan Rumah di Aceh Timur Terendam Banjir

RADARINDO.co.id – Banda Aceh: Badan Penanggulangan Bencana Aceh melaporkan ratusan unit rumah warga Kabupaten Aceh Timur terendam banjir akibat curah hujan tinggi sejak Jumat(1/1/2021).

Akibat hujan deras yang tejadi di Aceh Timur menyebabkan banjir dengan ketinggian air 20-50 centimeter. Mengakibatkan rumah warga terendam banjir.

Demikian dikatakan Kepala Pelaksana BPBA Sunawardi di Kota Banda Aceh, Sabtu (2/1/2021).

“Banjir melanda Aceh Timur sejak Jumat pukul 23.00 Wib. Kemudian meluas lantaran curah hujan di wilayah setempat masih tinggi, dan bertahan”, ujarnya.

Data sementara yang dikantongi BPBA yakni sebanyak 40 unit rumah terendam banjir di Desa Tualang Dalam.

Terdapat 70 rumah di Desa Kuyun dan 15 rumah di Desa Lhok Hasan, Kecamatan Idi Timur. Tak hanya Idi Timur, lanjutnya, dampak juga di Kecamatan Peudawa meliputi tiga desa, Kecamatan Darul Ihsan dua desa, Kecamatan Idi Tunong dua desa.

Kecamatan Birem Bayeun empat desa serta masing-masing satu desa di Kecamatan Ranto Peureulak, Indra Makmu dan Peureulak.

Petugas BPBD Aceh Timur terus melakukan evakuasi, pendataan jumlah rumah yang terendam dan pengungsi, kata Sunawardi.

Selain di Aceh Timur, banjir juga melanda kawasan Desa Lengkong, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa pada Sabtu, sekitar pukul 15.40 WIB.

Sementara itu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar memprediksi Aceh akan diguyur hujan hingga tiga hari ke depan, mulai dari hujan rendah hingga lebat.

Dikarenakan air laut yang menguap, kemudian terjadi belokan angin dan pelambatan pergerakan sehingga menumpuk di wilayah Aceh. (KRO/RD/wsp)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com