SP Pegadaian Tolak Akuisisi oleh BRI

Image: SP Pegadaian Tolak Akuisisi oleh BRI

RADARINDO.co.id-Jakarta:
Serikat Pekerja (SP) PT. Pegadaian Persero mendukung penuh  rencana keinginan Pemerintah untuk melakukan sinergi Ultra Mikro. Namun, SP Pengadaian menolak rencana akusisi dengan skema holding akuisisi oleh PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk.

Menanggapi rencana akusisi Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PNM) oleh BRI pada 13 November, SP Pegadaian tidak sepakat atas wacana holding atau akuisisi dari BRI pada PT. Pegadaian. “Kami mendukung sinergi Ultra Mikro yang diwacanakan BUMN. Tapi kami menilai Pegadaian adalah perusahaan yang sehat. Jadi dengan tegas kami menolak holding dan akuisisi,” ujar Ketua Umum SP Pegadaian Ketut Suhardiono di acara Musyawarah Nasional (Munas) SP Pegadaian di Sukoharjo, 25 November lalu.

SP Pegadaian menyampaikan sejumlah  pertimbangan atas penolakan tersebut. Eksistensi Pegadaian sejak 1901 telah banyak memberikan kontribusi positif untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia. Selain itu, juga layanan (produk) Pegadaian sangat spesifik dengan kultur nasabah yang berbeda. Basis produk pegadaian adalah layanan syariah dan konven/gadai.

“Penolakan ini bukan tanpa pertimbangan. Selama berdiri Pegadaian tumbuh sebagai perusahaan yang sehat hingga saat ini. Dan dipastikan tidak ada BUMN yang tidak baik di dalamnya yang bisa menjadi beban BUMN yang baik,” kata Ketut.

SP Pegadaian mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo tiga tahun silam di acara Executive Leadership Program (ELP) bagi Direksi BUMN, di Istana Negara, Jakarta. Presiden menekankan, manajemen perusahaan yang sehat adalah hal penting untuk diperhatikan dalam pembentukan holding badan usaha milik negara. Menurut Presiden Jokowi, jangan sampai pembentukan holding membuat BUMN yang sehat terpengaruh oleh BUMN lain yang kondisi keuangannya kurang baik. (KRO/RD/Wpd)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com