BRI Akan Gelar UMKM Export BRILian Preneur 2020 JCC

Image: BRI Akan Gelar UMKM Export BRILian Preneur 2020 JCC

RADARINDO.co.id- Jakarta: BRI kembali menggelar UMKM Export BRILian Preneur 2020 yang akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 10 hingga 13 Desember 2020, dengan menghadirkan lebih dari 400 UMKM pilihan dari empat kategori berbeda yaitu Fashion, Accessories & Beauty, Home Decor & Craft, serta Food & Beverage.

“Tujuan utamanya adalah agar produk UMKM kita tidak hanya diserap oleh pasar domestik tapi juga bisa diserap pasar ekspor, dengan demikian akan banyak menyerap tenaga kerja dan bisa menjaga stabilitas dan keberlangsungan di masyarakat,” ujar Direktur Utama Bank BRI Sunarso saat konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa (01/12/2020).

“Sehingga produk UMKM di Indonesia banyak yang menggunakan dan mengkonsumsi, maka otomatis bisa membuka lapangan pekerjaan lebih luas lagi. Karena tidak hanya menjangkau pasar domestik namun juga pasar global.
Data menunjukkan bahwa dari sisi bisnis di Indonesia ternyata pelaku usaha di Indonesia 99 persen adalah UMKM hanya 1 persen yang non UMKM. Artinya kontribusi UMKM terhadap PDB itu 60,9 persen dan penyerapan tenaga kerja oleh UMKM itu sebesar 97 persen,” papar Sunarso.

“Apabila produk UMKM banyak yang mengkonsumsi, baik konsumen domestik maupun konsumen luar negeri, UMKM akan menyerap tenaga kerja lebih banyak dan meningkatkan pendapatan para pekerja,” ungkap Sunarso.

Oleh karena itu BRI yang punya jaringan luas di masyarakat, mendorong dan mendukung agar produk-produk UMKM Indonesia bisa diminati oleh pasar global dengan mengadakan UMKM Export BRILian Preneur 2020, yang bertujuan untuk membantu mensejahterakan para pelaku UMKM di masa pandemik covid-19 untuk bangkit dan berkembang.

Kita melihat fakta dan data bahwa 97 persen orang bekerja di UMKM, ini cara mulia untuk kita berjuang dan berkomitmen menumbuh kembangkan UMKM, khususnya dalam situasi wabah covid-19. BRIlian Preneur UMKM Export ini adalah yang kedua kalinya dilaksanakan.

“Target penjualan tahun ini sekitar 50 juta dollar. Ada 74 buyer dari 16 negara yang akan datang langsung ke Jakarta. Semoga tahun ini akan lebih banyak lagi transaksi dari tahun lalu karena kami telah promosi keluar negeri apalagi diselenggarakan secara online dan offline ,” pungkasnya.

Acara ini juga di isi dengan talk show yang menghadirkan 60 pembicara dan dihibur oleh beberapa artis ibu kota, antara lain Pamungkas, Rendy Pandugo, Raisa dan Afgan. (KRO/RD/fri)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com