Massa Tuntut Cabut Rekom HGU Di Aceh Utara

Image: Massa Tuntut Cabut Rekom HGU Di Aceh Utara

RADARINDO.co.id – Aceh:
Massa terdiri mahasiswa bersama warga melakukan demo di depan kantor bupati, menuntut pencabutan rekomendasi HGU perusahaan perkebunan. Ratusan pendemo memakai masker, sebagai persyaratan berkumpul di masa pandemi Covid-19, Kamis (19/11).

Aksi demo dikawal 550 personel polisi dari Polres Lhokseumawe. Polisi berkumpul di pintu masuk kantor bupati, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Sejumlah personel juga berjaga-jaga di luar kantor bupati.

Koordintor Aksi Fakrurrazi dalam petisinya menyebutkan, pada tahun 1985, PT.BAC, melakukan ekploitasi di wilayah HGU Kecamatan Pirak Timu, Paya Bakong dan Kecamatan Cot Girek. Menuruntya, HGU perusahan tersebut berlaku sejak tahun 1985, sampai tahun 2015.

Namun sejak tahun 1998, perusahaan tidak melakukan lagi aktivitas di sana. “Kemudian masyarakat dari tiga kecamatan melakukan penggarapan,” jelas Fakrurrazi. Sejak tahun 1998 masyarakat telah melakukan penanaman berbagai jenis tanaman.

Meskipun sejak tahun 2015 HGU telah berakhir, akan tetapi PT.BAC pada tahun 2018 kembali memperpanjang perizinan pengelahan lahan, untuk penanaman kelapa sawit. “Sejak itu pula bupati Aceh Utara mengeluarkan surat rekomendasi perizinan HGU,” jelas Fakhrurrazi dalam pertisi tersebut.

Para mahasiswa yang tergabung dalam Liga Mahasiswa untuk Demokrasi, bersama warga dari Aliansi Gerakan Tani Untuk Reformasi Agraria Sejati, juga menyampaikan beberapa tuntutan.

Diantaranya, mendesak Bupati Aceh Utara untuk mencabut Surat Rekomendasi HGU yang dikeluarkan pada tahun 2018 kepada PT.BAC. Mendesak pemeriktah Aceh Utara untuk mengeluarkan sertifikat kepada masyarakat di wilayah eks HGU PT.BAC, melalui program TORA.

Selain itu, mendesak bupati untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai program TORA. Mendesak DPRK Aceh Utara membentuk pansus terkait HGU tersebut, Mereka juga meminta dihentikan kriminalisasi terhadap petani dalam menjalankan reformasi agraria sejati. (KRO/RD/wspda)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com