Poldasu dan BPD ABUJAPI Sumut Sosialisasikan Perpol Nomor 4 Tahun 2020

Image: Poldasu dan BPD ABUJAPI Sumut Sosialisasikan Perpol Nomor 4 Tahun 2020

RADARINDO.co.id – Medan : Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) dan Badan Pengurus Daerah Assosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) Sumatera Utara menyelenggarakan Sosialisasi Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pam Swakarsa.

Hal ini yang sempat menjadi polemik di tengah masyarakat karena dalam perpol baru tersebut ada beberapa penyempurnaan yang menyangkut PAM Swakarsa, satuan pengamanan (Satpam) dan Poskamling.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka langsung Kapoldasu Irjen Pol Drs Martuani Sormin, MSi di Convention Hall Hotel Garuda Plaza Medan, Rabu, (18/12/2020).

Dalam sambutannya, Kapoldasu mengatakan lahirnya Perpol Nomor 4 Tahun 2020 ini sesuai dengan perkembangan di tengah-tengah masyarakat yang kaitannya dengan fungsi Satuan Pengamanan (Satpam) sebagai anak kandung Polri.

“Keamanan bukan hanya tugas kepolisian saja, akan tetapi tugas kita bersama termasuk masyarakat, Satpam dan Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP). Perpol ini mengatur tugas dan peran kita masing-masing. Masyarakat diharapkan paling tidak membantu mengamankan keluarga dan rumahnya masing-masing,” kata Kapoldasu lagi.

Dalam kesempatan itu Irjen Pol Drs Martuani Sormin, MSi mengapresiasi dukungan dan kerjasama masyarakat Sumatera Utara dan ABUJAPI Sumut dalam membantu tugas-tugas kepolisian ejak beliau menjabat Kapoldasu. Sudah banyak yang diperbuat terutama pemberantasan penyalahgunaan narkotika dan pembasmian premanisme serta begal.

Kegiatan ini juga dihadiri Direktur Binmas Poldasu Kombes Pol Y Hondawantri Naibaho, SH, MSi dan beberapa pejabat utama Poldasu, Ketua BPD ABUJAPI Sumatera Utara Safrul Daulay, SH, MM, CCPS, Ketua DPW APSI Sumut Ibrahim Tarigan SE, dan pimpinan BUJP seluruh Sumatera Utara.

Tampil sebagai narasumber dalam kegiatan ini pejabat Direktorat Binmas Polda Sumut Kompol MA Ritonga dengan materi “Perpol Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pam Swakarsa”, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut Panji Wibisono dengan materi “Manfaat Keikutsertaan Pekerja sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan” dan Kasi Pengupahan Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara Ririn Bidasari SH, MHum dengan materi “UU Cipta Kerja”.

Usai acara pembukaan, Ketua BPD ABUJAPI Sumut Safrul Daulay, SH, MM, CCPS memberikan cenderamata kepada Kapoldasu Irjen Pol Drs Martuani Sormin SH, MSi sebagai ungkapan terima kasih atas kerja sama yang baik antara Poldasu dengan BPD ABUJAPI Sumut selama ini.

Sebagai balasan Kapoldasu juga menyerahkan cenderamata kepada Ketua BPD ABUJAPI Sumut. Cenderamata juga diserahkan Safrul Daulay kepada Ketua DPW APSI Sumut Ibrahim Tarigan, SE, dan para narasumber.

Menurut Safrul Daulay SH, MM, selama ini Kapoldasu dan Dir Binmas Poldasu selalu hadir dan mendukung setiap kegaiatan yang diadakan BPD ABUJAPI yang kaitannya dengan sosialisasi jasa pengamanan terutama dalam kegiatan HUT Satpam dimana Kapoldasu selalu bertindak sebagai Pembina Upacara.

Lebih lanjut Safrul Daulay mengatakan kegiatan sosialisasi Perpol No. 4 Tahun 2020 ini pertama kali diadakan oleh BPP ABUJAPI di Bandung bulan Oktober 2020 lalu yang diikuti Ketua BPD ABUJAPI seluruh Indonesia dan ketika itu langsung dibuka oleh Kabarhankam Mabes Polri baru kemudian dilaksanakan di beberapa daerah oleh BPD ABUJAPI masing-masing daerah.

“Jadi ini sosialisasi yang pertama di Sumut karena kita menganggap pentingnya Perpol ini disosialisasikan kepada satpam dan masyarakat,” kata Safrul Daulay lagi.

Menurut Safrul Daulay, Perpol No. 4 Tahun 2020 ini intinya 75 persen mengatur tentang peranan dan fungsi satpam dan 25 persen lagi tentang siskamling.

Dalam perpol ini terkandung pendidikan dan pelatihan satpam, pangkat dan jenjang tingkatan satpam, perlengkapan satpam dan termasuk uniform satpam yang hampir sama dengan uniform Polri, hanya dibedakan dengan degradasi warna yang mencapai 20 persen lebih muda dari warna uniform Polri.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MOU) antara BPD ABUJAPI Sumut dengan BPJS Ketenagakerjaan tentang kemitraan kedua belah pihak. Kegiatan sosialisasi ini ditutup secara resmi oleh Direktur Binmas Polda Sumut Kombes Pol Y. Hondawantri Naibaho, SH, MSi.

Usai kegiatan sosialisasi dilaksanakan Rapat Pengurus BPD ABUJAPI Sumut membentuk kepanitiaan HUT Satpam yang akan jatuh pada tanggal 31 Desember 2020 mendatang. (KRO/RD/tim)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com