Pemda dan Satgas Daerah Diminta Tindak Tegas Pelanggar Prokes

Image: Pemda dan Satgas Daerah Diminta Tindak Tegas Pelanggar Prokes

RADARINDO.co.id-Jakarta:
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) Wiku Adisasmito meminta pemerintah daerah (pemda), Satgas Covid-19 daerah dan aparat penegak hukum untuk menindak tegas siapapun yang melanggar protokol kesehatan tanpa pandang bulu.

“Kepada pemerintah maupun Satgas di daerah serta aparat penegak hukum untuk menegakkan disiplin dan menindak secara tegas siapapun yang melanggar protokol kesehatan ini tanpa pandang bulu sesuai dengan peraturan yang berlaku,” kata Wiku Adisasmito dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (17/11/2020).

Wiku mengingatkan penanganan Covid-19 dapat dilakukan dengan koordinasi antara aparat pemerintah, masyarakat, dan pemangku kepentingan. Menurut Wiku, langkah kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat, sudah berhasil dijalankan di Thailand. Bahkan langkah penanganan Covid-19 di Thailand mendapat apresiasi dari WHO (Badan Kesehatan Dunia).

Dikatakan Wiku, Thailand sudah berkomitmen melakukan investasi di bidang kesehatan selama 40 tahun dan juga membangun lebih dari jutaan jaringan tenaga kesehatan di desa yang berperan sebagai mata dan telinga dari sistem kesehatan di masyarakat.

Ia menilai berbagai hal yang sudah dilakukan oleh Thailand serta negara lain, dapat menjadi pelajaran bagi upaya penanganan Covid-19 di Indonesia. Karena itu, Wiku mengharapkan adanya kolaborasi dan kerja sama erat antara pemerintah, masyarakat, dan pemangku kepentingan dalam mengampanyekan 3M dapat terus ditingkatkan, meski penanganan Covid-19 selama delapan bulan cukup baik. (KRO/RD/Suara)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com