Peneliti Temukan Penyebab Kepunahan Massal Sebelum Era Dinosaurus

Image: Peneliti Temukan Penyebab Kepunahan Massal Sebelum Era Dinosaurus

RADARINDO.co.id-Sejarah:
Sebagian besar dari kita telah mendengar tentang kepunahan yang memusnahkan dinosaurus, tetapi bagaimana dengan yang membuat mereka berkembang biak? Para peneliti meyakini bahwa mereka telah menemukan peristiwa kepunahan massal yang terjadi sebelum dinosaurus. Hanya butuh 233 juta tahun sampai ditemukan.

Mengutip Brain Sharper pada Senin (9/11/2020), kepunahan massal tersebut dinamai Carnian Pluvial Episode dan diyakini terjadi 233 juta tahun lalu. Letusan gunung berapi di sepanjang tempat yang sekarang disebut Kanada bagian barat secara drastis mengubah iklim dan membentuk sebagian besar Amerika barat modern.

Perubahan atmosfer menyebabkan banyak spesies reptil dan fauna tidak memiliki peluang untuk bertahan hidup. Meskipun dinosaurus sudah ada, mereka langka. Iklim yang berubah berarti bahwa banyak spesies menjauh, sementara dinosaurus bangkit dan mengambil tempat di puncak rantai makanan.

Sebanyak 17 peneliti di China University of Geosciences telah bekerja sama untuk mengungkap apa yang terjadi jutaan tahun lalu. Tim tersebut mengatakan mereka sedang mempelajari bukti paleontologis dan geologi dari Carnian Pluvial Episode ketika mereka menemukan peristiwa kepunahan massal.

Sejauh ini, para peneliti telah mampu mengidentifikasi lima peristiwa kepunahan massal dalam 500 juta tahun terakhir.

Masing-masing melihat perubahan drastis pada atmosfer dan spesies yang mampu bertahan hidup. Rupanya, banyak di antaranya terjadi setiap satu juta tahun berkat peningkatan curah hujan dan suhu yang menghangat pada periode itu.

Peristiwa kepunahan massal yang mendahului dinosaurus memberi tahu banyak peneliti tentang seperti apa dunia ini sebelum binatang besar bangkit dan mengambil tempat yang selayaknya mereka di puncak rantai makanan. (KRO/RD/Bisnis)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com