Musa Rajeksyah Canangkan Program Kampung Bersih Berbasis Komunitas Peduli Sampah

Image: Musa Rajeksyah Canangkan Program Kampung Bersih Berbasis Komunitas Peduli Sampah

RADARINDO.co.id-Deli Serdang: Kabupaten/Kota di Sumatera Utara belum tinggi kesadaran masyarakat kita tentang pembuangan sampah. Kita harus memulainya dari anak anak sekolah, karna dari usia anak sekolah kita lebih gampang menempa mereka untuk dijadikan apa kedepan dan untuk apa yang baik dan buruk dari sekolah inilah yang bisa lebih mudah kita menerapkannya.

Memang mungkin tidak hari ini tapi lima sampai sepuluh tahun kedepan atau lima belas sampai dua puluh tahun kedepan barulah kita rasakan manfaatnya.

Demikian diucap wakil Gubernur Sumatera Utara H Musa Rajekshah di Pancur Batu Senin (16/11).

Turut hadir Wakil Bupati Deli Serdang HMA Yusuf Siregar pada acara penyerahan alat pembuat Briket dan panen Eco Enzyme di Sekolah Alam Al Ayman Plus Tahfis Tuntungan, di dampingi Asisten I Faisal Arif Nasution, Kadis Pendidikan H Timur Tumanggor, Kadis Lingkungan Hidup Ir Artini S Marpaung.

Dalam Sambutannya Bupati H Ashari Tambunan yang disampaikan Wakil Bupati HMA Yusuf Siregar mengatakan bahwa sebagai makhluk hidup, kita harus bisa menjaga agar tempat yang kita huni tetap lestari, dan tidak merusak apa yang seharusnya kita jaga.

Hal ini penting, karena pada saat kita menjaga lingkungan kita tetap bersih, artinya kita sedang menanam doa, harapan, dan menanam kerja kita semuanya, untuk kelanjutan hidup generasi yang akan datang.

Namun sayangnya, hingga saat ini, manusialah penyebab kerusakan – kerusakan lingkungan yang terjadi, sehingga mengakibatkan terjadinya bencana, polusi dan berbagai masalah – masalah lainnya yang berkaitan dengan pencemaran lingkungan. Hal itu,tentu sangat merugikan dan memprihatinkan.

Sebagai manusia yang peduli akan lingkungan, kita seharusnya mengajarkan kepada masyarakat di lingkungan kita dan sekaligus menyadarkan mereka, bahwa lingkungan yang kita tempati, haruslah terjaga dengan baik, sehingga jangan sampai lingkungan yang selama ini menopang dan memberi kenyamanan bagi kita untuk hidup, justru dirusak oleh kita sendiri.

Oleh karena itu, pemerintah kabupaten Deli Serdang mengucapkan terima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur sumatera utara melalui Dinas Lingkungan hidup Provinsi Sumatera Utara, atas dilaksanakannya program kampung bersih berbasis komunitas peduli sampah di Sekolah Alam Al – Ayman Plus Tahfidz Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang ini.

Semoga keberadaan program kampung bersih berbasis komunitas peduli sampah ini, dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat, akan pentingnya menjaga lingkungan, agar tetap bersih dan sehat.

“Wagup berharap seluruh masyarakat sudah mulai sadar lingkungan, sadar tentang kebersihan, dan membuang sampah pada tempatnya terutama sampah plastik, dan mudah mudahan sadar lingkungan ini bisa terus ditingkatkan oleh masyarakat dan doakan agar pemerintah baik provinsi dan kabupaten kota akan membuat tempat pengelolaan sampah yang nantinya bisa bermanfaat untuk lingkungan kita”, ujarnya.

Sebelumnya Plt.Kadis Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara Dr Ir Binsar Situmorang MSi, MAP pada laporanya memaparkan bahwa, pertambahan penduduk dan perubahan pola konsumsi masyarakat menimbulkan bertambahnya volume, jenis, dan karakteristik sampah yang semakin beragam.

Hal ini diperparah dengan rendahnya pemahaman dan kesadaran masyarakat Tentang pengelolaan sampah itu sendiri seperti pentingnya memilah sampah, menggunakan kembali dan mendaur ulang sampah sehingga beban pengelolaan sampah tidak lagi berada di TPA.

Untuk itu diperlukan keterlibatan kelompok– kelompok masyarakat peduli sampah. Ssalah satunya adalah dengan menjadikan sampah lebih bermanfaat dan bernilai ekonomis seperti eco – enzyme dan briket.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu meningkatkan peran serta masyarakat untuk memilah dan memanfaatkan sampah organik menjadi eco enzyme, memotivasi masyarakat untuk berperan aktif dalam memilah sampah, memberikan apresiasi kepada kelompok masyarakat yang telah berperan dalam pengelolaan sampah di tengah tengah masyarakat.

Diakhir acara Wagub H Musa Rajekshah bersama Wabup HMA Yusuf Siregar menyerahkan sertifikat tahfidz ke siswa siswi sekolah Alam Al Ayman dan Alat Briket Arang kepada kelompok kreatif kemudian dilanjutkan tinjauan ke stand UKM. (KRO/RD/Hari’S)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com