Polda Riau Ungkap Perdagangan Gading Gajah

Image: Polda Riau Ungkap Perdagangan Gading Gajah

RADARINDO.co.id – Pekanbaru:
Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau menangkap tiga tersangka perdagangan dua batang gading gajah Sumatra sepanjang 80 sentimeter. Gading gajah yang telah berukir hias itu diduga hasil perburuan satwa di wilayah Jambi.

“Kami menangkap tiga orang dalam tindak pidana konservasi Sumber Daya Alam (SDA). Ketiganya YP, YS, dan WG ditangkap saat meniagakan gading gajah Sumatera,” kata Direktur Ditreskrimsus Polda Riau Komisaris Besar Andri Sudarmadi di Pekanbaru, Riau, melansir Mediaindonesia.com, Jumat, 13 November 2020.

Ia menjelaskan, ketiga tersangka melanggar pasal 21, dan pasal 40 Undang-Undang (UU) No: 5 tahun 1990 tentang konservasi SDA dan ekosistem. Ketiga tersangka berperan sebagai pemilik, perantara, dan pembeli. “Tim sudah mengintai sehari sebelum hari transaksi pada 11 November lalu di Kuantan tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau,” jelas Andri.

Ia mengungkapkan, saat dilakukan penggeledahan ditemukan dua batang gading gajah sepanjang 80 sentimeter. Dia menerangkan, gading gajah didapatkan dari Jambi kemudian diendaplan di Kuantan Singingi. “Sudah lama. Kawan-kawan BBKSDA telah meneliti dan menemukan gading akan dijual dengan harga Rp100 juta. Alat bukti ini menjadi prioritas kita untuk pendalaman tersebut,” ujar Andri.

Andri menambahkan, pihaknya sudah mengamankan barang bukti. Antara lain dua batang gading berukir tersebut beserta mobil yang digunakan ketiga tersangka. (KRO/RD/wspda)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com