Ibu Kota Filipina Lumpuh Dilanda Topan Vamco

Image: Ibu Kota Filipina Lumpuh Dilanda Topan Vamco

RADARINDO.co.id – Filiphina :
Angin topan yang Vamco menerjang Filipina pada Kamis (12/11/2020), menyebabkan banjir yang melumpuhkan ibu kota Manila. Ini merupakan topan ketiga dalam beberapa pekan terakhir yang menerjang Filipina. Dampak badai yakni hujan deras mengguyur Manila, ibu kota berpenduduk 12 juta jiwa serta daerah sekitarnya. Banyak warga terjebak di atap rumah sambil menunggu bantuan.

Sejauh ini badai merenggut satu nyawa di wilayah lain Filipina. “Banyak lokasi yang terendam. Banyak orang menangis minta tolong,” kata Rouel Santos (53), pensiunan petugas bencana Provinsi Rizal, di samping Manila, dikutip dari AFP.

Santos menambahkan, banjir disebabkan Topan Vamco mengingatkan kembali Topan Ketsana yang dahsyat atau dikenal di Filipina sebagai Badai Tropis Ondoy pada 2009 dan merenggut ratusan nyawa.

Topan Vamco membawa angin berkecepatan hingga 155 kilometer per jam saat menyapu pulau terbesar di negara itu, Luzon, sejak Rabu malam. Pihak berwenang memperingatkan tanah longsor dan potensi gelombang laut mematikan di sepanjang garis pantai.

Seorang pejabat Kantor Pertahanan Sipil Filipina mengatakan, curah hujan yang dihasilkan Vamco mendekati volume seperti Ondoy. Banjir bisa semakin parah karena limpasan dari pegunungan. Petugas Palang Merah Filipina menggunakan perahu untuk menyelamatkan warga yang terjebak di rumah mereka di Marikina, Manila, salah satu daerah paling parah.

Banjir di daerah itu mencapai ketinggian bahu orang dewasa. Foto di Twitter yang dibagikan Kepala Palang Merah Filipina Richard Gordon memperlihatkan warga diturunkan melalui lubang dari atap rumah. Ada pula yang turun melalui balkon ke perahu. Topan Vamvo sejauh ini menewaskan satu orang dan tiga lainnya hilang di Provinsi Camarines Norte. (KRO/RD/wspda)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com