HUT Ke 13 Media AKTUAL Berlangsung Sukses

Image: HUT Ke 13 Media AKTUAL Berlangsung Sukses

RADARINDO.co.id – Medan : Di usia Media Aktual yang sudah ke 13 tahun ini, saya mengharapkan agar seluruh wartawan yang bertugas dengan mengatasnamakan Surat Khabar Mingguan (SKM) AKTUAL, atau pun On Line AKTUAL, yang telah memiliki badan Hukum.

Atas nama PT INTER MEDIA AKTUAL. Badan Hukum : Menkeh HAM RI Nomor AHU – 06726.40.10.2014 NPWP 02.626.267.5 – 122.000.

Agar seluruh Wartawannya sudah harus memiliki Sertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Demikian dikatakan Pimpinanan Umum (PU) Media AKTUAL, Drs Tua Abel Sirait, kepada RADARINDO.co.id, usai pelaksanaan diskusi dengan seluruh Wartawan SKM AKTUAL, Wartawan On Line AKTUAL dan para undangan lainnya.

Turut hadir di acara Hari Ulang Tahun (HUT) SKM AKTUAL ke 13, dengan Motto : “Menyiapkan SDM Jurnalis Berkualitas Hadapi Tantangan Digitalisasi”, yang berlangsung dengan sederhana dan sukses. Dilaksanakan di Kantor Redaksi AKTUAL Jl. Menteng Raya VII No. 101 Medan, Sabtu (14/11).

Lebih lanjut Abel Sirait mengatakan “Jadi nantinya, kita akan mengikuti arahan dan prosedur yang sudah mulai diterapkan oleh Pemerintah, bahwa Wartawan yang ingin ditempatkan di setiap Instansi Pemerintahan, adalah mereka (Wartawan-red), yang sudah memiliki Sertifikasi UKW. Oleh karena itu, mau tidak mau, saya menganjurkan kepada seluruh Wartawan kita di SKM dan On Line AKTUAL, pada tahun 2020 ini, secara tahap bertahap, akan kita ikut sertakan untuk mengikuti UKW” ucap Abel Sirait.

“Makanya dengan semakin telah bertambahnya usia SKM AKTUAL Media On Line AKTUAL pada hari ini, didalam pelaksanaan diskusi tadi, kita menghadirkan narasumber dari Anggota Persatuan Wartawan Indonesia Sumatera Utara (PWI Sumut).

Tohap Simamora, dalam paparanya mengatakan wartawan agar terus meningkatkan kualitas diri, penuh degan semangat mengikuti UKW.

Sementara itu, Pemimpin Umum Media AKTUAL, Drs Tua Abel Sirait menambahkan, dengan menindaklanjuti hal tersebut, kita telah merencanakan kepada Wartawan kita untuk Tahun 2020 ini, yang ikut dalam UKW adalah mereka-mereka yang saat ini berunit di Pemerintahan Kota (Pemko) Medan ada 1 orang, yang berunit di Kejaksaan ada 2 orang.

Termasuk juga, kita sudah rencanakan untuk menganjurkan Wartawan AKTUAL untuk mengikuti UKW melalui jalur mandiri.
Dengan demikian, kita kedepannya berharap, agar Media AKTUAL akan siap untuk bersaing dengan Media-Media yang sudah punya nama besar lainnya, tegasnya lagi.

“Untuk dapat menyajikan Informasi yang berkualitas, seimbang dan transparan, agar dapat diketahui kalayak masyarakat umum secara aktual,” ungkapnya.

Sehingga kita dapat bermitra dan bersinergi dengan siapapun, baik itu dari pihak Instansi Pemerintahan, TNI-POLRI, Perusahaan Swasta, termasuk juga dengan, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan lain sebagainya.

“Bahwa semua itu adalah saudara kita, yang tetap berpegangan teguh untuk tetap menjaga kekondusifan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”
ucap Aben Sirait menambahkan.

Sementara itu, Tohap Paraduan Simamora, yang pada saat itu sebagai narasumber di acara diskusi dalam rangka HUT AKTUAL ke 13 tersebut, kepada RADARINDO.co.id mengatakan “Berdasarkan dengan peraturan Dewan Pers No. 1 tahun 2010, yang diperbarui dengan Peraturan Dewan Pers No. 4 tahun 2017 tentang, Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW), menyebutkan ada enam tujuannya.

Lebih lanjut Tohap mengatakan “Pertama, meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan. Kedua adalah, menjadi acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan. Ketiga, menegakkan kemerdekaan Pers berdasarkan kepentingan publik; Keempat, menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi penghasil karya intelektual. Kelima, menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan. Keenam, menempatkan wartawan pada kedudukan strategis dalam industri Pers” ucapnya.

Dengan demikian, dari tujuan di atas dapat disimpulkan beberapa hal. Produk jurnalistik adalah karya intelektual, sehingga proses mulai dari menggali informasi sampai menyiarkan dalam bentuk berita harus selalu melalui kerja serius, berdasarkan fakta, dapat dipertanggungjawabkan, sehingga kalau pun ada yang menggugat. Penyelesaiannya dapat ditindak lanjuti secara intelektual pula” ucapnya.

“Oleh karena itu, saat ini sudah menjadi kewajiban yang harus dimiliki oleh Wartawan, yaitu memiliki Sertifikat UKW, agar jangan nanti peraturan sudah diberlakukan, kita berharap untuk dapat berunit di Instansi tersebut, atau ingin konfirmasi. Dikarenakan kita tidak memenuhi persyaratan yang sudah dikhususkan ada kita miliki, mengakibatkan keinginan atau pun rencana kita tadi menjadi gagal atau batal” ucap Tohap Simamora.

“Jadi untuk semua itu, marilah kita harus memenuhi kelengkapan Administrasi diri kita, sehingga kita dapat layak untuk dihargai dan dilayani dengan baik. Dan dalam hal ini, diharapkan juga kepada PU masing-masing Media TV, Cetak, ataupun On Line, bahwa Medianya sudah harus memiliki Ferivikasi dari Dewan Pers” ucap Tohap Simamora. (KRO/RD/Togu Sihite)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com