DS Raih Penghargaan Dari Kemenkeu RI

Image: DS Raih Penghargaan Dari Kemenkeu RI

RADARINDO.co.id – Deliserdang:
Pemkab Delisedang kembali mendapatkan penghargaan atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2019 dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Penghargaan itu diterima karena sebelumnya laporan keuangan Pemkab Deliserdang telah mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Sebelumnya Pemkab Deliserdang juga telah mendapatkan penghargaan yang sama pada tahun 2019.

Penghargaan diberikan Dirjen Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumut diwakili Kepala Bidang PAPK, Mercy Monika R Sitompul kepada Bupati Deliserdang diwakili Kepala Badan PKAD, Drs Agus Ginting MSi di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara ( KPPN ) Tebingtinggi, Kamis (12/11).

Hadir pada penerimaan penghargaan dari Kemenkeu tersebut, Walikota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan dan Kepala Inspektorat Kabupaten Serdang Bedagai Gustian yang juga menerima penghargaan yang sama dan Kepala KPPN Tebing Tinggi Anonom Cony Fetti Sitinjak.

Mercy Monika R Sitompul mengatakan kegiatan itu merupakan tindak lanjut Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Tahun 2020. Dan telah dilaksanakan oleh Penyerahan Plakat WTP atas Capaian Opini LKPD Tahun 2019 Kementerian Keuangan pada tanggal 22 September 2020 secara virtual. Tahun ini pemerintah pusat kembali meraih Opini WTP untuk Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dan Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara (LK BUN) tahun 2019.

Pencapaian itu tentunya didukung dengan semakin meningkatnya kualitas dari Laporan Keuangan Kementerian dan Lembaga (LKKL) audited tahun 2019 yang ditandai dengan meningkatnya jumlah opini WTP dari LKKL, dari sebelumnya 81 menjadi 84 pada Tahun Anggaran 2019 dari total 87 K/L. Pencapaian positif juga dialami pada pengelolaan keuangan daerah.

Agus Ginting saat diwawancara mengaku sangat bersyukur kembali menerima penghargaan tersebut. Penghargaan dari Kemenkeu itu diterima karena sebelumnya pihak Pemkab Deliserdang sudah menerima opini WTP.

“Kita dapat karena sudah raih WTP sebelumya dan atas dasar itu kita mendapat insentif Rp47 miliar yang akan digunakan dalam tahun anggaran 2021. WTP itu diterima dari BPK, sementara penghargaan LKPD ini dari Menteri Keuangan Sri Muliani,” tandas Agus Ginting mewakili Bupati Deliserdang. (KRO/RD/wspda)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com