Banjir Bandang Terjang Warga STM Hillir Deli Serdang

Image: Banjir Bandang Terjang Warga STM Hillir Deli Serdang

RADARINDO.co.id- Deli Serdang: Suara gemuruh air cukup jelas, dan kami tak sempat untuk menyelamatkan barang-barang lainnya. Hanya surat-surat, dokumen berharga saja yang bisa terbawa.

“Selebihnya hanyut dan terendam akibat derasnya aliran air yang datang membuat daerah kawasan perumahan sudah dipenuhi air begitu cepat, disebabkan tanggul pecah,” ujar Andi Warga Perumahan Granit Indah, Minggu (15/11).

Puluhan rumah yang berada di Blok M, P, dan Q, lokasi Perumahan Granit Indah yang berbatasan Kecamatan Tanjung Morawa dengan Kecamatan STM Hilir, Terendam air musibah Banjir Bandang, Sabtu (14/11/2020).

Menurut Andi, sekira pukul 03.30 wib Subuh tiba-tiba datang aliran air melimpah begitu cepat, dengan demikian warga masyarakat tidak sempat menyelamatkan barang-barang mereka.

Sementara itu, para penjaga malam perumahan Granit Indah yang bertugas saat itu, masih sempat memperingatkan para warga. Kehadiran banjir tersebut, diduga Tanggul penahan air yang berada di bibir sungai jebol.

“Kebetulan ketua RT turut ikut jaga, dan sekira pukul 03.00 wib, kami terkejut dibangunkan, dan diinformasikan bahwa akan ada musibah banjir. Atas informasi itu, Kami berkumpul di Masjid Baitu Salam. Tak berapa lama terdengar suara gemuruh air cukup jelas”, ujarnya.

Warga sekitar mengatakan, bahwa musibah banjir sudah pernah terjadi di daerah ini, dan ini kali keduanya, dan kali ini musibah banjir yang paling besar, ungkapnya.

Semua barang-barang isi rumah mereka tidak ada yang bisa mereka selamatkan, dan pasrah terendam, baik tempat tidur, televisi, kulkas, lemari, dan meja.

Meluapnya Aliran air yang datang hampir menggenangi seluruh tinggi rumah, yang tingginya air hampir mencapai sekitar tiga meter.

Muspika Kecamatan STM Hilir, yakni Camat Hesron T Girsang, Kapolsek Talun Kenas Polresta Deli Serdang, AKP Hendra Tambunan SH, Danramil Talun Kenas, Kasi Pemerintahan Pemkab. Deli Serdang, Muhammad Soleh, S.Sos beserta perangkat Kecamatan dan Desa turut hadir ke lokasi kejadian.

Musibah yang terjadi ini merupakan musibah alam banjir bandang. Seluruh rumah yang tergenangi air itu bercampur lumpur.

Muspika Kecamatan STM Hilir, yakni Camat, Kapolsek Telun Kenas, Danramil 20/TK, beserta Perangkat Kecamatan dan Desa, bahu membahu membangun dapur umum, buat membantu warga masyarakat yang menjadi korban musibah.

“Bantuan sembako, berupa beras, minyak sayur, telur, mie instan, turut kita salurkan kepada warga, dan kebutuhan lainnya, seperti Posko Kesehatan, juga Kita persiapkan,” ungkapnya, Sabtu (14/11/2020).

Sementara itu, Kapolsek Talun Kenas AKP Hendra Tambunan mengatakan, “Kita bersama Camat STM Hilir, Danramil 20/TK, beserta perangkat kecamatan dan desa, menyalurkan bantuan yang dibutuhkan para warga masyarakat yang tertimpa musibah. Kita bersyukur tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, karena perangkat desa sigap mengamankan para warganya,” pungkasnya. (KRO/RD/Hari’S)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com