PM Bahrain Sheikh Khalifa Tutup Usia

Image: PM Bahrain Sheikh Khalifa Tutup Usia

RADARINDO.co.id-Bahrain:
Perdana Menteri (PM) Bahrain, Sheikh Khalifa bin Salman Al Khalifa, meninggal dunia pada usia 84 tahun pada Rabu (11/11) waktu setempat. Sheikh Khalifa merupakan salah satu PM yang menjabat terlama di dunia, yang memimpin Bahrain selama beberapa dekade terakhir.

Seperti dilansir Reuters dan Associated Press, Rabu (11/11), Istana Kerajaan Bahrain mengumumkan bahwa Sheikh Khalifa meninggal dunia pada Rabu (11/11) pagi, saat menjalani perawatan medis di Mayo Clinic Hospital di Amerika Serikat.

Tidak dijelaskan lebih lanjut penyakit yang dideritanya.Pihak Mayo Clinic Hospital belum memberikan penjelasan terkait kondisi Sheikh Khalifa sebelum meninggal. Diumumkan oleh Istana Kerajaan Bahrain bahwa seremoni pemakaman Sheikh Khalifa akan dilakukan setelah jenazahnya dipulangkan dari AS.

Pemakaman akan digelar terbatas untuk sejumlah kerabat. Otoritas Bahrain menetapkan masa berkabung selama seminggu untuk menghormati Sheikh Khalifa.Sheikh Khalifa lahir dalam dinasti Al Khalifa, yang selama dua abad telah memerintah Bahrain.

Beliau merupakan putra mantan penguasa Bahrain, Sheikh Salman bin Hamad al Khalifa yang memerintah dari tahun 1942 hingga 1961. Sheikh Khalifa belajar pemerintahan dari ayahnya saat Bahrain menjadi protektorat Inggris.

Saudara Sheikh Khalifa, Sheikh Isa bin Salman Al Khalifa mengambil alih kekuasaan tahun 1961 dan menjabat sebagai Raja saat Bahrain memperoleh kemerdekaan dari Inggris tahun 1971. Namun di bawah kesepakatan informal, Sheikh Isa menangani urusan diplomasi dan tugas seremonial, sedangkan Sheikh Khalifa menjalankan pemerintahan dan perekonomian. (KRO/RD/Wpd)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com