Mantan Anggota DPR Tersangka Baru Kasus Suap DAK Labuhanbatu Utara

Image: Mantan Anggota DPR Tersangka Baru Kasus Suap DAK Labuhanbatu Utara

RADARINDO.co.id-Jakarta:
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Anggota DPR 2014-2019 dari fraksi PPP Irgan Chairul Mahfiz (ICM) sebagai tersangka baru dalam kasus dugaan suap terkait pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN-P 2017 dan APBN 2018 untuk Kabupaten Labuhanbatu Utara.

“Dalam proses penyidikan dan mencermati fakta-fakta di persidangan, KPK mencermati fakta-fakta yang berkembang sehingga ditemukan dugaan tindak pidana korupsi yang melibatkan pihak lain,” kata Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (11/11/2020).

Dalam konstruksi perkara yang menjerat Irgan, Lili mengungkapkan, dalam APBD tahun 2018, Khairuddin Syah Sitorus selaku Bupati Labuhanbatu Utara membagi peruntukan DAK Bidang Kesehatan (Prioritas Daerah) sebesar Rp 49 miliar menjadi dua bagian.

Untuk Pelayanan Kesehatan Dasar sebesar Rp 19 miliar dan Pelayanan Kesehatan Rujukan (Pembangunan RSUD Aek Kanopan di Labuanbatu Utara) sebesar Rp 30 miliar.

“Namun Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) DAK Bidang Kesehatan Kabupaten Labuanbatu Utara belum ada di Kementerian Keuangan karena belum disetujui oleh Kementerian Kesehatan. Hal ini terjadi karena ada kesalahan input data dalam pengajuannya,” katanya. (KRO/RD/Wpd)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com