Pemkab Nisel Paparkan Dokumen Studi Rencana Induk Pembangunan Bandara Silambo

Image: Pemkab Nisel Paparkan Dokumen Studi Rencana Induk Pembangunan Bandara Silambo

RADARINDO.co.id-Nias Selatan: Pemerintah Kabupaten Nias Selatan (Pemkab Nisel) paparkan Dokumen Rencana Induk dan Rancangan Teknik Terinci pembangunan Bandara Silambo.

Paparan ini dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Nisel, Jalan Arah Sorake Km. 5 Teluk Dalam, Rabu (11/11/2020).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Nisel, Fa’atulo Gulo menyampaikan bahwa pada bulan yang lalu, Pemkab.

“Nisel telah membahas masalah Amdal yang dihadiri oleh asisten II dan hari ini kita akan membahas studi rencana induk dan rencangan teknik terinci pembangunan Bandara Silambo,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan bahwa pada tahun 2019 pihaknya akan telah menganggarkan pembangunan fisik Bandara Silambo itu. Namun karena ada kendala masalah Covid -19 sehingga terkendala, ungkapnya.

“Untuk penganggaran fisik selanjutnya karena perubahan aturan, maka penganggaran fisik bandara ini akan dianggarkan oleh Dinas PUPR Nisel”, tegasnya.

Ia menambahkan, dimana perencanaan consultan ini telah dimulai sejak bulan April 2020 yang lalu dan sehubungan dengan Covid-19 yang seyogyanya sudah siap pada bulan Juli 2020 yang lalu, dan kami perpanjang karena ada 3 bulan tidak bisa mengadakan tugas, sehingga baru saat ini diadakan kedua studi ini, ucapnya.

Fa’atulo Gulo menjelaskan bahwa rencangan teknik terinci ini adalah gambar desain dan RAB, itulah istilahnya dalam bandara.

Ia menyebutkan dimana pihaknya telah menyampaikan dokumen yang telah kita sampaikan dan dokumen tersebut ada dua tahap, sebab agar dalam perencanaan ini tidak berulang- ulang dan rencana kita ada 1.400 meter, walaupun nanti kita hanya bergerak untuk 1.000 meter dulu seperti perencanaan untuk memenuhi sebagai bandara perintis, sebutnya.

Ia juga menyampaikan bahwa pada saat melakukan pematokan, masyarakat disekitar Bandara Silambo itu telah menunjukkan dukungan dari masyarakat Silambo, sehingga sampai saat ini tidak ada riak – riak dan permasalahan dari warga.

Dalam pertemuan ini, kami harap supaya para stakeholder untuk memberikan masukan demi kelancaran pembangunan Bandara Silambo ini.

Dalam arahannya, Bupati Nisel yang disampaikan oleh Sekda, Ikhtiar Duha menyampaikan bahwa warga Nisel sangat menggantungkan harapan terhadap kedua studi hari ini terkait pembangunan Bandara Silambo, ucapnya.

Pembangunan Bandara Silambo itu tidak segampang seperti apa yang kita harapkan, karena pembangunan Silambo ada 15 tahapan hingga kita bisa mendapatkan SK Kementerian Perhubungan untuk bisa melakukan pendaratan untuk dijadikan sebagai landasan.

Harapan masyarakat Nisel secara umum agar Bandara itu cepat kita menikmatinya, karena bandara tersebut satu kerinduan masyarakat, dan pintu gerbang kemajuan pariwisata kita.

“Kita harapkan 2021 Bandara Silambo itu, sudah bisa mendarat disana, dan ini bukan main – main, buktinya hari ini bisa kita laksanakan pertemuan ini untuk memperkuat rencana induknya dan rancangan teknik terinci, dan renacan timingnya,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, dihadiri oleh Sekda Nisel, Ikhtiar Duha, Mewakili Kepala Bandara Binaka, Kasi Intel Satria P. Zebua, mewakili Kapolres Nisel, Kadishub, Kadis Pendidikan, dan sejumlah tokoh masyarakat di 4 Desa Wilayah Silambo. (KR/RD/Riswan Gowasa)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com