Pulau Bintan dan 4 Daftar Wisata Serunya

Image: Pulau Bintan dan 4 Daftar Wisata Serunya

RADARINDO.co.id-Pekanbaru:
Ada beberapa daftar wisata di Pulau Bintan. Pulau Bintan adalah salah satu daerah yang secara administratif berada di Kepulauan Riau dan Bintan juga merupakan pulau terbesar yang ada di provinsi tersebut.

Lokasi Pulau Bintan berada di dekat Batam dan Singapura. Pulau ini juga memiliki beberapa wilayah yang memang dijadikan sebagai tempat wisata. Pulau ini memiliki populasi sekitar 200 ribu orang dengan campuran beberapa etnis seperti Melayu, Bugis hingga China.

Di masa pandemi ini, Pulau Bintang memberlakukan protokol kesehatan yang ketat. Tak hanya untuk para wisatawan, tetapi juga untuk resor, hotel dan restoran. Berada di wilayah perbatasan, berdasarkan peraturan Bank Indonesia No.17/11/DKSP tanggal 1 Juni 2015 perihal Kewajiban Penggunaan Rupiah di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, semua transaksi di pulau Bintan menggunakan mata uang Rupiah (IDR) sehingga bagi yang ingin berkunjung atau berwisata ke Pulau Bintan diharuskan menukarkan mata uangnya ke Rupiah.

Dalam beberapa tahun terakhir, Pulau Bintan juga menjadi salah satu tempat tujuan wisata kelas dunia yang sering dikunjungi wisatawan lokal dan juga mancanegara. Sebagian besar pengunjung luar negeri dapat pergi ke Pulau Bintan dengan menggunakan kapal feri dari Singapura atau Johor Bahru, Malaysia.

Selain itu bisa juga naik pesawat dan berhenti di Bandara Raja Haji Fisabilillah, namun bandara ini tidak melayani penerbangan internasional. Riau Airlines adalah operator utama dan menghubungkan pulau Bintan ini ke Jakarta, Palembang, Jambi, Pekanbaru dan Kepulauan Natuna.

1. Bintan Resort

Tempat wisata pertama di Pulau Bintan adalah Bintan Resort. Ini berlokasi di ujung utara pulau, resort ini membentang di sepanjang pantai berpasir putih Laut Cina Selatan.

Bintan Resort memiliki beberapa resort pantai eksklusif dan lapangan golf kejuaraan dan menawarkan berbagai fasilitas rekreasi dan atraksi yang terletak di dalamnya. Tempat ini juga menjadi pilihan peristirahatan tropis yang sempurna untuk memanjakan diri.

2. Pulau Penyengat

Berkunjung ke Pulau Bintan memang belum lengkap jika tak berkunjung ke Pulau Penyengat. Lokasinya ada di seberang Kota Tanjung Pinang, dapat ditempuh sekitar 15 menit dengan menggunakan perahu sewaan.

Di Pulau Penyengat ini ada Masjid Sultan Raya yang menurut masyarakat setempat dibangun dengan menggunakan putih telur. Aturan untuk pengunjung yang hendak memasuki wilayah masjid ialah harus melepas alas kaki dan berpakaian sopan (lutut dan bahu tertutup serta kalau bisa pakai baju lengan panjang). Yang menjadi daya tarik selain Masjid Sultan Raya yaitu terdapat sebuah komplek makam yang di dalamnya ada makam Raja Ali Haji, seorang penyair terkenal, sarjana serta sejarahwan yang dikenal sebagai salah satu orang pertama yang menulis panduan bahasa Melayu di tahun 1800-an.

3. Treasure Bay Bintan

Treasure Bay Bintan merupakan kolam renang terbesar di Asia Tenggara. Tempat wisata ini menawarkan kolam renang sebesar 6,3 hektar (crystal lagoon). Konsep kolam renangnya seperti pantai dengan pinggiran kolam renangnya dibuat melandai dan dilapisi dengan fiber putih yang mirip pasir laut.

4. Patung Seribu

Vihara Patung Seribu Wajah atau yang namanya adalah Ksitigarbha Bodhisattva ini memiliki sekitar 500 patung dengan rupa yang berbeda. Meskipun tempat ini diperuntukkan untuk masyarakat Budha beribadah, namun masyarakat umum pun bisa datang dan menikmati arsitektur bernuansa China.

Setiap pengunjung yang ingin berkunjung hanya dikenakan tiket masuk Rp 5000. Saat ke sini jangan lupa bawa kamera terbaik dan kenakan outfit paling keren. Ada banyak spot bagus di Vihara Patung Seribu. (KRO/RD/Dtk)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com