Fahami Etika Penyiaran Obat-obatan Dan Ramuan Tradisional

Image: Fahami Etika Penyiaran Obat-obatan Dan Ramuan Tradisional

RADARINDO.co.id-Medan:
Lembaga penyiaran di Sumatera Utara (Sumut) baik TV maupun radio diminta fahami etika dalam menyiarkan obat-obatan dan ramuan tradisional.

Hal ini diingatkan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Utara, Mutia Atiqah saat diwawancara wartawan di sela-sela acara Bimtek SDM Penyiaran Workshop P3SPS KPID-SU, yang digelar di Kantor KPID Sumut selama dua hari, yakni 9-10 November 2020.

“Jadi sekarang ini masyarakat kita sulit memahami mana obat-obatan dan mana ramuan tradisional. Kalau obat-obatan itu selalu identik dengan medis. Kalau ramuan tradisional kan tidak selalu berkaitan dengan medis. Ini yang banyak tidak diketahui lembaga penyiaran kita,” ujar Mutia.

Lebih lanjut dikatakannya ada etika yang harus dipatuhi lembaga penyiaran terutama dalam penggunaan bahasa. Tidak dipungkiri, kadang bahasa iklan juga berlebihan. Terkhusus untuk iklan mengenai obat-obatan dan ramuan tradisional, Mutia meminta masyarakat agar tidak “termakan” iklan.

“Itu pentingnya sosialisasi ini. Makanya kita mengundang langsung Kepala Balai BPOM Medan untuk memberikan sosialiasi mengenai obat-obatan dan ramuan tradisional ke lembaga penyiaran yang kita undang,” sebutnya.

KPID Sumut sendiri pernah menemukan pelanggaran yang dilakukan oleh lembaga penyiaran terkait etika penyiaran obat-obatan dan ramuan tradisional tersebut. “Iklannya itu menggunakan bahasa bisa menyembuhkan segala jenis penyakit. Kemudian ada juga obat mata dengan menyebut nama klinik. Jika memakai nama klinik, maka itu sudah obat yang berhubungan dengan medis. Ternyata saat kita cek di lapangan itu cuma ramuan tradisional,” sebutnya.

Sosialisasi ini diikuti oleh lembaga penyiaran TV dan radio baik dari Serdang Bedagai, Medan, Langkat, Binjai, Deliserdang, Padangsidimpuan, Labusel dan lainnya. “Harusnya diikuti seluruh kabupaten/kota di Sumut. Hanya saja untuk menjaga protokol kesehatan jadi kita batasi,” sebutnya. (KRO/RD/Wpd)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com