Erick Thohir Targetkan 10 Produk UMKM Masuk Jaringan Duty Free Dunia

Image: Erick Thohir Targetkan 10 Produk UMKM Masuk Jaringan Duty Free Dunia

RADARINDO.co.id-Jakarta:
Menteri BUMN Erick Thohir menargetkan 10 produk UMKM Indonesia bisa dipasarkan melalui kerja sama Sarinah dengan ritel bebas cukai atau duty-free ternama dunia Dufry dan grup industrialis Omega Mexico.

“Untuk tahap pertama, saya targetkan setidaknya ada 10 produk unggulan Indonesia yang bisa dipasarkan melalui kerja sama ini dan nantinya diharapkan makin terbuka lagi peluang produk lokal dan UMKM go global,” kata Erick Thohir dalam keterangan tertulis, Senin (9/11/2020).

Erick Thohir sangat mendukung prakarsa tersebut, seraya berharap bahwa Sarinah juga dapat menitikberatkan pada kurasi dan seleksi produk UMKM dan Nusantara yang premium, kualitas dunia, serta yang sesuai dengan minat dan selera pasar kategori produk-produk duty-free dunia.

“Sarinah yang akan masuk ke liga pasar ritel dan duty-free internasional juga perlu meningkatkan kapasitas baik kelembagaan maupun SDM melalui proses scouting dan pembelajaran manajemen ritel dunia dari Dufry,” kata Erick.

PT Sarinah (Persero) bersama Dufry perusahaan terkemuka di bidang travel ritel dengan lebih dari 2.400 gerai di 400 lokasi di dunia, serta grup industrialis Omega Mexico pada hari ini dengan difasilitasi dan bertempat di KBRI Mexico City menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) Joint Venture.

Prakarsa ini merupakan salah satu langkah strategis Sarinah bertransformasi dan berekspansi ke pasar global selaras dengan visi pemerintah melalui Kementerian BUMN agar BUMN tidak saja mengekspor produk dalam negeri, tetapi juga bertransformasi.

Dengan menggandeng mitra strategis seperti Dufry dan Omega grup, gerbang pasar riil dunia khususnya di sektor ritel dan travel maupun leisure memberi peluang kepada produk UMKM masuk ke liga utama pemain dan pebisnis dunia.

MoU ini secara garis besar merumuskan beberapa peluang bisnis yang saling menguntungkan bagi perusahaan dan yang paling strategis adalah Sarinah sebagai satu-satunya BUMN ritel dalam klaster pariwisata dan pendukung merintis pasar internasional dalam kerangka perdagangan multilateral.

Bagaimanapun Sarinah harus selalu membawa kepentingan nasional dan nation brand di mancanegara. Model kerja sama seperti ini diarahkan untuk mewujudkan identitas bangsa yang kaya keberagaman ini melalui pameran secara permanen di pasar-pasar ritel premium dunia.(KRO/RD/Warta)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com