Pandemi Covid-19 Disdukcapil P. Sidimpuan Gunakan Pelayanan Silayda

Image: Pandemi Covid-19 Disdukcapil P. Sidimpuan Gunakan Pelayanan Silayda

RADARINDO.co.id-Psp : Untuk mengatasi membludaknya pelayanan terkhusus dimasa Pandemi pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota P. Sidimpuan melakukan pendaftaran secara online yang disebut dengan istilah Silayda (Sistim Layanan Daring).

Pelayanan ini masih tetap dilakukan hingga saat ini kendati pelayanan dengan tatap muka sudah dibuka dengan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat.

Kadis Dukcapil Kota P. Sidimpuan, Anisah Siregar menyebutkan, Pandemi Corona tidak mengurangi antusias masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan saat ini.

“Karena warga sudah bisa beraktivitas dengan baik di masa adaptasi kebiasaan baru dengan Protokol Kesehatan”, ujar Kadis Dukcapil.

Ia menambahkan, yang disebut dengan istilah Silayda ini masih tetap dilakukan hingga saat ini kendati pelayanan dengan tatap muka sudah dibuka dengan Protokol Kesehatan yang ketat.

Konsep ini merupakan produk mandiri ciptaan kantor Disdukcapil Kota Padangsidimpuan yang sudah dioperasikan mulai bulan Juni hingga saat ini, ujarnya.

Kemudahannya, warga tak perlu lagi antri di kantor Capil, cukup mendaftar secara daring melalui Android secara otomatis sistim akan memberitahu jadwal kapan warga datang mengambil KTP.

Tahapannya, setelah rekam elektronik hanya makan waktu 2 sampai dengan 3 menit saja warga dipersilahkan mendaftar melalui daring kemudian sistim otomatis memberitahukan kapan pemohon datang mengambil KTP.

“Usai perekaman butuh waktu konsolidasi ke pusat memakan waktu 2- 3 hari setelah status PRR (Print Ready Record) maka pemohon dipersilahkan mengambil KTP nya”, ungkapnya.

Dikatakanya, bagi pelayanan keliling setelah PRR petugas mencetak datang mengantar langsung ke kelurahan.

“Ini semua bahagian dari program dari Dirjend Dukcapil Judan Arif Fahrulloh agar seluruh Didukcapil Kabupaten/Kota memberikan layanan yang membahagiakan masyarakat dengan melakukan pelayanan keliling, kemudian layanan online go digital termasuk Silayda yang kita buat”, tandasnya.

“Kita sudah meminta Subdomain Infokom agar pengembangan aplikasi ini bisa melayani seluruh bentuk pelayanan yang ada di Disdukcapil ini. Saat ini kita belum bisa melayani keseluruhan mengingat fasilitas kita baru sebatas Wifi saja”, ujar Kadis.

Menurut peraturan mendagri, layanan online disdukcapil domain nya go.id, sementara sekarang masih .com, tambahnya. (KRO/RD/Thoms)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com