Menhub RI Revitalisasi Terminal Amplas Tipe A

Image: Menhub RI Revitalisasi Terminal Amplas Tipe A

RADARINO.co.id-Medan : Terminal Amplas Medan Tipe A, dengan memiliki luas tanah 1,6 hektar, yang merupakan salah satu terminal, yang diprioritaskan untuk direvitalisasi, mengingat fungsi terminal ini merupakan persinggahan Bus Antar Provinsi, Antar Kota, maupun dalam Kota.

Menteri Perhubungan, Republik Indonesia (RI), Budi Karya Sumadi meresmikan revitalisasi Terminal Amplas Tipe A tersebut, di acara Groundbreaking Revitalisasi Terminal Tipe A Amplas, Minggu (08/11).

Proses pembangunan ulang terminal Amplas Medan, diperkirakan berlangsung dua sampai tiga tahun ke depan, dengan anggaran Rp 45 miliar.

Pelaksanaan Revitalisasi terminal di Indonesia, sudah juga dilakukan Kementrian Perhubungan dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat sebelumnya. Seperti di Kota Solo, Yogyakarta, Denpasar, dan Palembang.

Menteri Perhubungan, RI, Budi Karya Sumadi mengatakan “Alur transportasi di Medan, masih sangat tertinggal dengan Ibu Kota Jakarta. Maka dari itu diperlukan pembangunan yang efektif, salah satunya melalui revitalisasi terminal-terminal” ucap Budi.

Lebih lanjut, Budi mengatakan “Esensi dari apa yang kita lakukan hari ini, adalah bagaimana membuat Metropolitan Medan ini, punya angkutan yang masif dan menjanjikan” ucapnya.

Bandingkan dengan Jakarta, yang penduduknya 5 kali lipat dari pada Medan, tetapi angkutan massalnya sudah dimanage dengan baik, sebanyak 1,2 juta,” ucap Budi.

Selain terminal Amplas, Budi menyatakan, Terminal Pinang Baris dan Terminal Tanjung Pinggir di Pematang Siantar pun, akan segera direvitalisasi. Hal ini berdasarkan permintaan Gubernur Provinsi Sumatra Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi.

“Terminal Pinang Baris kalau fungsinya sama dengan Amplas, harus diselesaikan dalam waktu dua tahun. Begitu juga Terminal Tanjung Pinggir di Pematang Siantar. Kita ingin angkutan sebagai primadona untuk mengurangi polusi dan kemacetan,” ucap Budi.

Sejalan dengan hal tersebut, Direktur Jendral Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengatakan “Anggaran yang dialokasikan untuk revitalisasi tersebut adalah, Rp 45 miliar dan bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Sampai tahun 2024, kami akan lakukan revitalisasi terminal penumpang tipe A, secara khusus di Medan adalah, terminal penumpang tipe A.
Dirjen Perhubungan Darat akan memberikan kesempatan kepada pihak swasta untuk ikut mengambil andil dari program revitasilasi tersebut.

“Di lokasi terminal akan dibangun juga Mall, Hotel, dan tempat-tempat kegiatan masyarakat lainnya. Oleh karena itu, kita akan kerja sama dengan pihak swasta,” ucapnya.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi didampingi Direktur Jendral Perhubungan Budi Setiyadi, Gubsu, Edy Rahmayadi, serta PJS Walikota Medan Arief Trinugroho, resmi membuka Groundbreaking Revitalisasi Terminal tipe A Amplas, dengan skema Multi Years Contract (Kontrak Tahun Jamak) dan akan rampung pada tahun 2022. (KRO/MDN/TS)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com