Belum Ada Tanda Kapan Covid-19 Berakhir, Rakyat Butuh Solusi

Image: Belum Ada Tanda Kapan Covid-19 Berakhir, Rakyat Butuh Solusi

RADARINDO.co.id-Bandung : Hingga saat ini belum ada tanda tanda kapan Pandemi Covid-19 berakhir di negeri ini. Sedangkan rakyat butuh solusi. Bahwa kabar penambahan kasus positif masih saja terus terjadi.

Tak ada yang tahu kapan Covid-19 mencapai puncaknya. Apalagi berakhir. Dalam situasi tak jelas ini pelonggaran terus terjadi.

Setelah pasar dibuka dengan alasan agar ekonomi harus bergerak dan menyusul kawasan wisata pun di buka. Kebijakan pemerintah memang membingungkan, imbauan untuk tetap di rumah jika tak perlu amat harus bepergian, terus diumumkan.

Tapi tempat wisata di buka dan meminta agar orang memanfaatkannya. Untuk menangani Covid-19, pemerintah menyerukan untuk melakukan social distancing, yaitu menjaga jarak.

Rakyat diminta menghindari kerumunan dan bepergian. Tetap tinggal di rumah, belajar dan beribadah di rumah. Namun, banyak pihak menilai anjuran ini tak cukup.

Harus ada langkah tegas, yaitu isolasi atau lockdown terhadap wilayah yang terdeteksi ada pasien corona. Jika hanya meliburkan sekolah, ternyata masih banyak orang yang kesadarannya rendah yang justru jalan-jalan di Mall dan tempat wisata.

Sehingga seharusnya tempat wisata dan Mall juga di tutup.
Penanganan corona memang bukan hanya beban pemerintah. Semua komponen masyarakat harus ikut andil menjadi bagian dari solusi.

Namun, masyarakat tak boleh dibiarkan bertindak sendiri, mengingatkan beragamnya pengetahuan masyarakat. Pemerintah harus bersikap sebagai raa’in (pengurus) dan mas’ul (penanggung jawab) untuk menyelesaikan masalah virus corona.

Negara tak boleh menjadi autopilot, dimana rakyat dibiarkan mencari solusi sendiri-sendiri. Dalam sistem sistem Islam, Negara dan para pemimpin berperan penuh sebagai pengurus dan penjaga rakyat, peran ini dipahami berkonsekuensi berat di hari penghisaban.

Setiap pemimpin akan terdorong melaksanakan fungsi kepemimpinannya secara maksimal. Dari landasan ini akan lahir aturan-aturan hidup yang mampu memecahkan seluruh persoalan kehidupan dengan penyelesaian yang selaras dan sempurna. Hingga akan mewujudkan rahmat bagi seluruh alam.

Tulisan ini dikirim Fina Fauziah, mahasiswi asal Kota Bandung ke WA minta dipublish di RADARINDO.co.id Minggu, (08/11/2020) malam. (KRO/RD/TIM)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com