Dosen Polmed Edukasi Pedagang Ikan Pindang

Image: Dosen Polmed Edukasi Pedagang Ikan Pindang

RADARINDO.co.id – Medan:
Tim Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) Politeknik Negeri Medan (Polmed) Jurusan Administrasi Niaga melakukan pengabdian di UD. Al-Barokah di Desa Indra Yaman, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batubara. Di sana, dosen dari Polmed itu edukasi pedagang ikan pindang.

Dosen Polmed itu memberikan edukasi kepada  pedagang ikan pindang melaluiu sosialisasi berupa pelatihan penggunaan freezer box. (kotak pendingin). Ketua Tim PKM Polmed, Harris P. Nasution didampingi anggota Febrin Aulia dan Ika Marry mengatakan, kegiatan PKM digelar 30 Oktober 2020.

Kegiatan tersebut diawali penyerahan bantuan alat produksi satu unit freezer box merek RSA sebagai sarana penunjang dalam kegiatan operasional usaha untuk tempat penyimpanan sementara kepada mitra.

Alat produksi tersebut langsung diterima pemilik usaha Abdullah. Selanjutnya, kata Harris, acara dilanjutkan sosialisasi berupa pelatihan penggunaan freezer box siap digunakan sebagai saranan penunjang operasional usaha penyimpanan Ikan Pindang Kembung setelah selesai perebusan.

Abdullah salah seorang pemilik UD ikan pindang mengatakan, bantuan yang diberikan Dosen Polmed ini sangat membantu kelancaran proses pengolahan ikan pindang. Freezer Box ini sangat membantu sehingga terjaga sanitasi Ikan setelah selesai diolah.

“Freezer Box menjaga mutu ikan tetap terjaga baik, apalagi sekarang ini usaha bisnis yang sama telah memiliki pesaing dan ada 3 usaha bisnis yang sama di daerah Talawi, sehingga ini yang membuat kami memikirkan bagaimana agar kualitas ikan pindangnya tetap punya mutu yang baik dan konsumen tidak beralih kepada pesaingnya,” kata Abdullah.

Dia mengatakan, ikan laut menjadi salah satu bahan makanan yang dikonsumsi masyarakat. Salah satunya adalah ikan kembung. Ikan kembung adalah salah satu ikan favorit masyarakat Indonesia. Ikan jenis ini memiliki kandungan gizi tinggi serta harganya yang terjangkau.

Ikan kembung memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Tak heran jika ikan ini kerap diolah dalam berbagai olahan masakan. Berbekal pengalaman berjualan ikan di kampung, Abdullah telah menjalankan usaha pengolahan ikan rebus/pindang.

Abdullah menjalankan bisnis usaha ikan pindang kembung dengan nama usaha Al-Barokah, lokasi usaha berada di Jl. Perintis kemerdekaan Desa Indra Yaman Dusun III Rukun Kec. Talawi, Kabupaten Batubara. Sedangkan Harris Nasution menambahkan, kendala produksi dihadapi pedagang ikan pindang adalah gudang penyimpanan untuk bahan baku maupun produk jadi.

“Harapan ke depannya usaha yang dirintis Abdullah adalah punya tempat gudang penyimpanan dari pengolahan ikan pindang yang layak dan terjaga sanitasi sehingga mutu ikan akan tetap terjaga,” katanya. (KRO/RD/wspda)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com