4 Topan Mematikan yang Menyapu Amerika Serikat

Image: 4 Topan Mematikan yang Menyapu Amerika Serikat

RADARINDO.co.id-Jakarta:
Amerika Serikat pada Jumat, 14 September 2018, kembali disapu angin topan mematikan. Topan Florence yang berupa hujan lebat disertai angin kencang telah membuat pohon-pohon tumbang, air sungai meluap dan keselamatan masyarakat terancam.

Topan Florence pada Jumat, 14 September 2018 telah menyapu wilayah pesisir pantai Carolina, Amerika Serikat. Dikutip dari straitstimes.com pada Sabtu, 15 September 2018, jumlah korban jiwa akibat musibah ini sebanyak lima orang, yang di antaranya tewas karena tertimpa pohon tumbang.

Badai Florence adalah angin topan kategori 3 dengan kecepatan angin 120 meter per jam. Pada Jumat sore, Pusat Badai Nasional Amerika Serikat menurunkan tingkat badai menjadi kategori 1, namun tetap memperingatkan badai ini mengancam keselamatan jiwa, di mana air laut akan terdorong ke darat dengan kemungkinan terburuk terjadi banjir bandang.

Amerika Serikat setidaknya empat kali disapu angin topan atau badai mematikan. Musibah ini bukan hanya melumpuhkan sendi-sendi kehidupan masyarakat dan menimbulkan kerugian ekonomi, tetapi juga menelan korban jiwa. Berikut empat topan mematikan yang pernah menyapu Amerika Serikat.

1.Topan Harvey

Musibah ini menyapu wilayah Texas pada Agustus 2017 dengan 89 korban tewas dan kerugian materi yang ditimbulkan mencapai US$ 125 miliar atau Rp 1.851 triliun. Dikutip dari situs thedailystar.com pada Sabtu, 14 September 2018, peringatan dan upaya evakuasi telah dilakukan agar masyarakat segera menyelamatkan diri dari sapuan topan Harvey, tetapi hujan lebat yang turun tiada henti telah membuat banyak wilayah di Houston, Texas, tergenang banjir sehingga melumpuhkan aktivitas warga.

2. Topan Irma

Angin topan Irma menyapu wilayah Florida pada September 2017. Sebanyak 129 orang tewas dalam musibah ini dan kerugian yang ditimbulkan mencapai US$ 50 miliar atau sekitar Rp 740 triliun. Topan Irma telah menghancurkan sebagian besar wilayah Karabia.

3. Topan Sandy

Wilayah New York dan New Jersey diaduk-aduk topan Sandy pada Oktober 2012. Situs thedailystar.com melaporkan jumlah korban tewas dalam musibah ini mencapai 147 orang dan menimbulkan kerugiaan materi US$ 65 miliar atau Rp 962 triliun. Topan Sandy adalah jenis angin topan kategori 1, namun kekacauan yang ditimbulkan sangat parah dimana air merendam kawasan mewah di New Jersey dan Manhattan.

4.Topan Katrina

Topan ini tercatat dalam sejarah Amerika Serikat sebagai salah satu musibah paling mematikan dengan korban jiwa diperkirakan mencapai 1.200 – 1.800 orang. Badai Katrina yang menyapu wilayah Louisiana dan Mississippi pada Agustus 2005 adalah topan kategori 3 yang telah menimbulkan kerugian materi hingga US$ 125 miliar atau Rp 1,851 truliun. (KRO/RD/Tempo)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com