Sungai Besitang Meluap Ratusan Rumah Terendam

Image: Sungai Besitang Meluap Ratusan Rumah Terendam

RADARINDO.co.id-Aceh:
Sungai Besitang meluap ratusan rumah terendam. Hujan yang turun deras, Sabtu (24/10) petang, membuat air sungai Besitang meluap. Hal ini menyebabkan dua desa dan dua kelurahan di wilayah Kec. Besitang, Kab. Langkat, terendam banjir.

Sungai Besitang meluap ratusan rumah terendam mulai bergerak naik, Sabtu (24/10) malam sekira pukul 22:00, kemudian air semakin membesar memasuki, Minggu (25/10) pagi. Warga yang rumahnya terendam berupaya mengevakuasi barang atau peralatan rumah tangga ke tempat yang lebih aman.

Menurut informasi yang dihimpun Waspada, di wilayah Desa Sekoci ada empat dusun yang dilanda banjir dengan ketinggian air mencapai 1 meter lebih. Sampai menjelang siang, debit air terus bergerak naik, bahkan menyebar ke daerah Kel. Kampunglama dan Kel. Bukitkubu.

Kades Sekoci, Swarisman, mengatakan, dari empat dusun yang dilanda banjir, ada dua dusun yang airnya tergolong tinggi, yakni di wilayah Dusun Pantai Pulo dan Dusun Sidodadi. “Kedua dusun ini sudah menjadi langganan banjir tahunan,” ujarnya.

Sementara itu, di Desa Bukitmas, kondisi air menjelang siang berangsur surut. “Daerah kami hanya terkena lintasi air saja,” kata Kades Wahid seraya menambahkan, sampai sejauh ini situasi air di desanya masih relatif aman.

Pantauan di lapangan, air dari hulu sungai Besitang sampai pukul 10:00 terus bergerak naik, bahkan arus air menyeberangi Jalinsum Medan – Aceh, persisnya dari Kel. Kampunglama air menyeberang ke wilayah Kel. Bukitkubu.

Arus air terbilang cukup deras menyeberangi ruas jalan. Meski tidak sampai menimbulkan kemacetan total, tapi banjir ini berdampak terhadap kelancaran arus lalulintas, apalagi di ruas jalan raya penghubung antara provinsi ini banyak terdapat kerumunan warga.

Peristiwa banjir ini tidak hanya merendam ratusan rumah warga, tapi kantor Koramil 14/Besitang, kantor lurah, kantor KUA, Sekolah Dasar (SD), Madrasah Aliyah Swasta (MAS), dan sejumlah rumah ibadah yang berada di Kel. Kampunglama turut terendam.

Ketinggian air di halaman kantor Koramil-14 terpantau hampir mencapai sepinggang orang dewasa. Sejumlah personil anggota Koramil tampak sibuk menyelamatkan dokumen-dokumen penting agar tidak terendam air. (KRO/RD/Waspada)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com