Aceh Singkil Prioritaskan Pembangunan Tujuh Sektor 2021

Image: Aceh Singkil Prioritaskan Pembangunan Tujuh Sektor 2021

RADARINDO.co.id-Singkil:
Kabupaten Aceh Singkil akan memprioritaskan target pembangunan di tujuh sektor di tahun 2021. Mulai dari peningkatan infrastruktur yang terintegrasi, peningkatan kualitas ekonomi lokal, serta pengembangan pariwisata, perikanan dan pertanian, kata Bupati Aceh Singkil Dulmusrid dalam pidatonya pada Paripurna penyampaian Nota Pengantar Rancangan KUA-PPAS APBK Aceh Singkil 2021, di Aula Paripurna Gedung Dewan setempat, Senin (19/10).

Pencapaian target pembangunan itu akan dilaksanakan melalui pemanfaatan sumber pembiayaan baik, DAK fisik maupun DAK non fisik, DOKA, dan TDBH Migas. Sektor lainnya meliputi, memacu pertumbuhan agroindustri dan industri kreatif, peningkatan sumberdaya manusia yang berkualitas, penanggulangan bencana, dan pelestarian lingkungan hidup.

Dengan demikian target pertumbuhan ekonomi Aceh Singkil tahun 2021 tercapai hingga sebesar 3,2 persen,  sehingga dapat menurunkan angka pengangguran menjadi 6,50 persen dan angka kemiskinan juga berkurang menjadi 18,42 persen.

Untuk mencapai target tersebut kata Dulmusrid, arah kebijakan pembangunan pada 2021 mendatang akan difokuskan untuk meningkatkan sumberdaya di tujuh sektor tersebut. Termasuk penyediaan sarana prasarana pendukung pariwisata berstandar nasional maupun international, pemenuhan produk perikanan dan olahan yang memiliki sertifikasi yang diakui untuk memacu pertumbuhan ekonomi olahan, industri kreatif yang memiliki standar nasional sehingga dapat berdaya saing.

Namun sayangnya, dampak Pandemi Covid-19, 2020 menyebabkan terjadinya perlambatan diberbagai bidang sehingga diperlukan usaha keras untuk meminimalisir dampak tersebut. Namun masalah yang harus dihadapi 2021 mendatang antara lain, masih tingginya angka kemiskinan dan pengangguran, masih ada potensi daerah yang belum dikembangkan.

Belum optimalnya pengembangan SDM dan pelayanan sosial dasar, kesenjangan pertumbuhan antar daerah, pemberdayaan ekonomi masyarakat dan belum optimalnya kualitas pelayanan publik. Sementara itu proyeksi Pendapatan Daerah secara total tahun 2021 mencapai Rp938.301.103.845. Tidak mengalami kenaikan signifikan dari tahun 2020 sebesar Rp938.288.686.513. (KRO/RD/Waspada)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com