Plt Kadis Perindagkop dan Kapolsek Torgamba Beri Saran Lakukan Rapat Anggota KUD SMM1

Image: Plt Kadis Perindagkop dan Kapolsek Torgamba Beri Saran Lakukan Rapat Anggota KUD SMM1

RADARINDO.co.id-Labusel: Hasil musyawarah mediasi antara pengurus KUD SMM1 Desa Asam jawa yang di mediasi Kapolsek Torgamba , Jumat (16/10/2020) berlangsung di aula Polsek Torgamba.

Berdasarkan pantauan Rapat tersebut sebenarnya membahas tentang laporan tentang pengerusakan palang milik KUD SMM 1 di duga di lakukan seorang perempuan berinisial E.M istri seorang pengurus KUD bernama B Aritonang alias Marunggeng dan hal itu telah di akui oleh EM sendiri di depan forum, saat berjalan musyawarah mediasi hasil RAT Luar biasa tersebut.

Namun, kenyataanya berbeda musyawarah tersebut beralih membahas tentang hasil RAT Luar Biasa yang di laksanakan pada Kamis 8 Oktober 2020 di Aula Balai desa Asam Jawa, dalam agenda pergantian pengurus lama.

Sementara itu, Bj Ginting selaku ketua KUD menerangkan dalam musyawarah tersebut bahwa hasil musyawarah RAT yang di laksanakan pada hari Kamis tanggal 8 Oktober 2020 yang lalu dianggap cacat hukum.

“Karena mereka tidak menjalan sesuai dengan institusi undang undang Koperasi No 25 tahun 1992 dan AD/RT,” tegasnya.

Ia menambahkan, bahwa anggota yang ikut RAT Luar Biasa kemarin tidak murni anggota KUD. Untuk syarat memenuhi 20 % dan saya tahu persis siapa anggota KUD, tambahnya.

Ditempat yang sama, Budiman Aritonang, selaku Bapem KUD menjelaskan bahwa RAT itu di lakukan kemauan anggota dan atas azas mosi tak percaya terhadap Ketua KUD BJ Ginting, sehingga KUD sudah 4 bulan ini kami anggap pakum.

Selain itu Budiman Aritonang, menuding ketua KUD melakukan Kerugian KUD. Sedangkan Ketua KUD SMM1 menanggapi tudingan, ketua Bapem Budiman Aritonang, mengatakan seandainya saya ada merugikan uang KUD atau korupsi tolong laporkan saya ke hukum.

“Sesuai catatan bapak yang ada melalui Rapat Tahunan Anggota dan kemudian, Bj Ginting meminta kepada Kapolsek agar laporan saya tentang pengerusakan di proses dan di tindak lanjuti,” tegasnya.

Sementara Plt Kadis Perindagkop H. Syriffudin selaku pembina koperasi dan bukan sebagai pemutus dan saya menyarankan semua keputusan di tangan rapat anggota oleh sebab itu laksanakan la rapat anggota itu sesuai peraturan dan perundang undangan dan AD RT KUD SMM1.

Beliau menambahkan, saya tidak akan meneken hasil RAT Luar Biasa yang baru di laksanakan pada tanggal 8 Oktober yang lalu sebelum permasalahan internal KUD SMM 1 selesai dan menurut laporan pihak KUD SMM 1 tidak pernah membuat laporan setiap tahun ke Dinas Disperindagkop, Kabupaten Labuhanbatu Selatan di sini saya selaku dinas terkait berdiri di tengah tengah tidak keberpihakan karena fungsi kami pembinaan bukan pemutus,” tambahnya.

Hal senada yang di utarakan Kapolsek AKP Firdaus Kemit, SH agar di lakukan Rapat Anggota kembali dan kami dari pihak kepolisian hanya menjaga keamanan jangan sampai menjadi keributan yang mengarah ke pidana, ungkapnya.

Hadir dalam acara tersebut, Plt Kadis disperindagkop H Syriafuddin, Kabid koprasi Fitri, Camat Torgamba Adja Alimsyah Surbakti Spd, MAP, Kapolsek Torgamba AKP Firdaus kemit, DanRamil 11 kota Pinang Peltu Mulyono, Ketua KUD SMM1 Bj Ginting, Ketua Bapem Budiman Aritonang. (KRO/RD/NST)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com