DNA Neanderthal Mungkin Menjadi Penyebab Covid-19

Image: DNA Neanderthal Mungkin Menjadi Penyebab Covid-19

RADARINDO.co.id-Jakarta:
Sebuah tim ahli genetika Neanderthal melihat untaian DNA yang telah dikaitkan dengan beberapa kasus paling parah dari Covid-19 dan membandingkannya dengan urutan yang diketahui telah diturunkan kepada orang Eropa dan Asia yang masih hidup dari nenek moyang Neanderthal.

Untaian DNA ditemukan pada kromosom 3, dan tim peneliti di Eropa telah mengaitkan beberapa variasi dalam urutan ini dengan risiko penyakit yang lebih serius dengan Covid-19.

“Di sini kami menunjukkan bahwa risiko ditularkan melalui segmen genom … diwarisi dari Neanderthal dan dibawa oleh sekitar 50% orang di Asia Selatan dan sekitar 16% orang di Eropa saat ini”, Svante Paabo dan Hugo Zeberg dari Institut Max Planck untuk Antropologi Evolusi. tulis dalam sebuah artikel diterima untuk diterbitkan di jurnal Nature.

“Saat ini, orang yang mewarisi varian gen ini tiga kali lebih mungkin membutuhkan ventilasi mekanis jika mereka terinfeksi novel coronavirus Sars-CoV-2.”

Paabo dan Zeberg menemukan variasi serupa dalam DNA dari kerangka Neanderthal berusia 50.000 tahun yang ditemukan di Kroasia dan beberapa di kerangka yang ditemukan di Siberia.

Penelitian telah menunjukkan bahwa manusia modern kawin silang dengan Neanderthal dan spesies terkait, yang disebut Denisovan, puluhan ribu tahun yang lalu. Studi memperkirakan bahwa sekitar 2% DNA pada orang keturunan Eropa dan Asia dapat dikaitkan dengan Neanderthal.

“Saat ini tidak diketahui fitur mana dari wilayah yang diturunkan dari Neanderthal yang menimbulkan risiko serius untuk Covid-19 dan apakah efek fitur ini khusus untuk SARS-CoV-2, untuk virus corona lain atau patogen lain,” tulisnya. Peneliti. .

“Manusia memiliki keragaman genetik yang luar biasa, beberapa di antaranya muncul di nenek moyang pramanusia kita, beberapa di Neanderthal, beberapa di masa ketika semua manusia pertama hidup di Afrika, dan beberapa di antaranya baru-baru ini.” Barret mengatakan urutan DNA khusus ini hanya menjelaskan sebagian kecil dari perbedaan tingkat keparahan penyakit pada pasien virus corona. (KRO/RD/NGeo)