KPU Kota Medan Akan Gelar Pelaksanaan Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

Image: KPU Kota Medan Akan Gelar Pelaksanaan Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

RADARINDO.co.id-Medan : Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Medan Sulaiman Harahap, hadir dalam acara rapat koordinasi panduan simulasi pemungutan dan penghitungan Suara, dengan tetap berpedoman kepada anjuran pemerintah, yaitu mengikuti Protokol Kesehatan.

Serta penggunaan rekap di Tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang berlangsung di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Jalan Kejaksaan Medan, Selasa (13/10).

Pertemuan yang juga turut dihadiri perwakilan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Medan, perwakilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Medan, serta perwakilan Tim Sukses dari kedua pasangan calon (Paslon) Walikota Dan Wakil Walikota Medan ini.

Membahas tentang skenario pelaksanaan simulasi pemungutan dan perhitungan suara, dengan protokol kesehatan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 mendatang.

Demikian dikatakan Ketua KPU Kota Medan, Agusyah Damanik. Sembari menambahkan, bahww simulasi ini penting, demi kelancaran pelaksanaan Pilkada Kota Medan, di tengah Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Simulasi ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu, (17/10/2020) di Taman Bunga. Pada simulasi nanti, kita akan benar-benar menyelenggarakan dengan se-riil mungkin. TPS nya nyata, begitu juga dengan pemilihnya,” ucap Agusyah.

Ketua KPU Kota Medan tersebut menambahkan TPS dan pemilih yang akan disimulasikan, adalah TPS 6 Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah

“Nantinya oemilih yang terlibat, sebanyak 325 orang yang dibagi dalam beberapa gelombang” ucapnya.

Pelaksanaan akan berlangsung dari pukul 07.00 Wib hingga 17.00 Wib, mulai dari persiapan para petugas, hingga akhir pelaksanaannya. Semua akan dilakukan sebagaimana keadaan sesungguhnya.

Agusyah juga mengatakan simulasi ini, selain dilaksanakan secara langsung dan dipantau secara bersama, dengan Pjs Wali Kota Medan, Unsur Forkopimda Kota Medan, Bawaslu dan perwakilan dari tim sukses kedua Paslon, nantinya juga akan ditayangkan secara live streaming di akun halaman KPU Kota Medan.

Pemerintah Kota (Pemko) Medan, diharapkan agar dapat menyosialisasikan kepada Camat, Lurah dan Kepling, agar dapat melihat simulasi tersebut. KPU juga mengharapkan, simulasi ini dapat dievaluasi, untuk diperbaiki pada pelaksanaan Pilkada mendatang.

Selain untuk pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 mendatang, simulasi yang telah direvisi bersama ini nantinya, akan dituangkan dalam bentuk peraturan penyelenggaraan Pemilu pada masa Pandemi Covid-19.

“Karenanya saya berharap, kita semua dapat memberikan masukan terhadap simulasi yang akan kita selenggarakan. Dan ketika pelaksanaan simulasi ini pun, kami juga memohon dukungan dan bantuan pengamanan dari kerumunan masyarakat, yang kemungkinan akan antusias melihat simulasi ini. Kita tentu berharap, simulasi ini tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19,” ucap Agusyah.

Menanggapi hal tersebut, Kaban Kesbangpol Kota Medan, Sulaiman Harahap mengatakan pada dasarnya, Pemko Medan akan mendukung penyelenggaraan Pilkada Kota Medan.

“Mengingat simulasi ini adalah hal yang sangat penting, karena sebagai bentuk uji coba sistem pemungutan dan perhitungan dengan protokol kesehatan, sebelum pelaksanaan di tanggal 9 Desember 2020. Tentunya simulasi ini harus dikondisikan, sebagaimana keadaan pada pelaksanaan sesungguhnya,” ucap Sulaiman Harahap. (KRO/MD/Ril/TS)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com