DPRD P. Sidimpuan Gelar Paripurna Penyampaian Nota Pengantar KUA-PPAS APBD TA2021

Image: DPRD P. Sidimpuan Gelar Paripurna Penyampaian Nota Pengantar KUA-PPAS APBD TA2021

RADARINDO.co.id-Psp: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padangsidimpuan (Psp) menggelar sidang Paripurna dengan agenda penyampaian nota pengantar Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Rancangan Prioritas dan Palfon Anggaran Sementara (KUA PPAS) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Padangsidimpuan Tahun Anggaran (TA) 2021 di ruang sidang DPRD setempat, Selasa (12/10/2020).

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Siwan Siswanto, SH didampingi Wakil Ketua Erwin Nasution SH, MH serta dihadiri anggota DPRD Kota Padangsidimpuan, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH.

Wakil Walikota Ir H Arwin Siregar MM, Forkopimda Kota Padangsidimpuan, Sekdakota H. Letnan Dalimunthe SKM. M.Kes, Sekretaris DPRD Irfan Bakhri S.Sos, para Asisten, Kaban, Kadis dan Camat di lingkungan Pemko Padangsidimpuan.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH dalam sambutannya berharap agar APBD yang disusun kelak dapat berfungsi sebagai instrumen untuk mewujudkan pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Karena, berdasarkan potensi dan kondisi Kota Padangsidimpuan maka disusun berbagai prioritas yang bertahap dengan tujuan pembangunan.

Upaya sinkronisasi antara program dan kegiatan Pemko Padangsidimpuan juga telah di formulasikan kedalam Rancangan KUA PPAS.

Disebutkannya, TA 2021 menjadi istimewa dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena Pemko Padangsidimpuan telah menerapkan secara penuh Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah yang berimplikasi pada perubahan struktur APBD dari tahun-tahun sebelumnya.

“Hal ini, tentunya harus terwujud sebagai momentum untuk mewujudkan pelayanan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, sesuai visi dan misi Kota Padangsidimpuan yang berkarakter, bersih, aman dam sejahtera”, ujar Walikota.

Menurut Walikota, dalam penyusunan anggaran yang terpadu dan terintegrasi untuk seluruh jenis belanja harus didasari prinsif penerapan efisiensi dalam alokasi dana yang selaras dengan penyusunan anggaran yang berorientasi kepada kinerja dan prestasi kerja.

Diharapkan agar Rancangan KUA PPAS APBD TA 2021 yang disusun bersama ini kelak dapat berfungsi sebagai instrument untuk mewujudkan pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Padangsidimpuan, terangnya.

Adapun asumsi Rancangan KUA PPAS APBD Kota Padangsidimpuan TA 2021 pendapatan daerah direncanakan sebesar Rp639.306.356.064, yang terdiri dari, Pendapatan Asli Daerah (PAD) semula sebesar Rp83.894.393.966, Pendapatan transfer dari Pemerintah Pusat sebesar Rp528.210.011.000, dan Pendapatan Transfer Antar Daerah sebesar Rp27.201.951.078.

Sementara untuk belanja daerah sebesar Rp691.452.936.302, sehingga terjadi deficit sebesar Rp52.146.580.238. Sedangkan untuk penerimaan pembiayaan direncanakan sebesar Rp59.146.580.238, dan pengeluaran pembiayaan sebesar Rp7.000.000.000, sehingga terjadi surplus sebesar Rp52.146.580.238, yang dipergunakan untuk menutupi deficit.

Akhirnya marilah kita memanjatkan doa kekhadirat Allah SWT agar kita dapat mengemban tugas dalam pengabdian kita masing-masing demi pembangunan, kemajuan dan kesejhteraan masyarakat Kota Padangsidimpuan dan semoga Rancangan KUA PPAS APBD 2021 dapat ditetapkan menjadi KUA PPAS APBD TA 2021 tutur Walikota.

Usai Paripurna, dilakukan Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH  menyerahkan dokumen nota pengantar Rancangan KUA PPAS APBD TA 2021 kepada pimpinan DPRD diterima Ketua DPRD Siwan Siswanto, SH dan selanjutnya dokumen diserahkan ke Badan Anggaran (Bangar) DPRD, untuk dibahas. (KRO/RD/Thoms)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com