Akhyar Nasution Singgung Masalah Banjir Kota Medan, Kawasan Simpang Selayang

Image: Akhyar Nasution Singgung Masalah Banjir Kota Medan, Kawasan Simpang Selayang

RADARINDO.co.id – Medan:
Akhyar Nasution, yang pernah menjabat sebagai Wakil Walikota Medan dan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, menggakui bahwa Kota Medan memiliki masalah banjir. Akhyar mencontohkan kawasan Simpang Selayang. Akhyar Nasution yang kini akan bertarung dalam Pilkada Medan 2020 pun menuturkan bahwa permasalahan banjir di Kota Medan tidak lepas dari persoalan aliran sungai.

“Kita akui di sekitar Selayang, khususnya Cempaka ini masih ada masalah yang harus kita perbaiki, tapi sudah mulai berkurang, yaitu genangan air di sini,” ujarnya saat bersama para pendukungnya, Gerakan Sosial Peduli Indonesia (GSPI) pada Selasa (13/10/2020) sore.

Akar masalahnya adalah hilir sungai yang sudah mengalami gangguan, sehingga aliran sungai terkendala. “Karena memang Simpang Selayang, hilirnya sudah rusak, maka kita usahakan ke Sungai Babura,” lanjutnya.

Selama dia menjabat sebagai Wakil Walikota, permasalahan aliran sungai telah menjadi bahan pemikirannya. Dia menyebutkan dua delta yang berada pada aliran sungai yang kemudian menumbuhkan bambu yang membuat aliran sungai tersendat.

“Setelah kita teliti, ternyata ada dua delta di Sungai Babura itu, yaitu ada rumpun bambu yang jatuh dan tumbuh berkembang dan itulah yang menghalangi aliran Sungai Babura,” lanjutnya. Serumpun bambu menjadi penghalang aliran sungai sehingga air menaik saat hujan deras.

“Karena itulah, bila hujan datang, terbendung dan naik dia, sehingga air dari sini tidak bisa masuk,” sambungnya. “Kita butuh waktu untuk memperbaikinya, butuh waktu untuk memperbaikinya,” pungkasnya. (KRO/RD/anlsa)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com