Warga Desa Hamparan Perak Curiga Proyek Pengaspalan Diduga Menyimpang

Image: Warga Desa Hamparan Perak Curiga Proyek Pengaspalan Diduga Menyimpang

RADARINDO.co.id-Deli Serdang: Warga Desa Hamparan Perak Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang, mencurigai proyek pengerjaan pengaspalan sepanjang 3 km, diduga menyimpang.

Proyek perbaikan Jalan Lintas Provinsi dimulai dari Simpang Beringin hingga Pajak Hamparan Perak diduga menyimpang. Sehingga berpotensi merugikan keuangan daerah.

Pantauan RADARINDO.co.id GROUP KORAN RADAR saat berlangsung aktifitas pengaspalan di proyek itu, Selasa (13/10/2020) siang. Tampak permukaan aspal hasil pengerjaannya tidak rata dan berpori-pori.

Sehingga diprediksi proyek tersebut akan cepat rusak akibat merembesnya air masuk ke dalam aspal melalui pori-pori tersebut.

Selain tidak meratanya permukaan aspal, karena terlihat di bagian tengah aspal sedikit rendah sehingga berpotensi terjadi genangan air tatkala turun hujan, ketebalan aspal pun sangat tipis, yakni hanya 4 cm.

Padahal Jalan Lintas tersebut kerap dilalui kendaraan bertonase tinggi, sekitar 25 ton lebih. Ketebalan aspal 4 cm tersebut diperoleh dari hasil pengukuran mengunakan meteran yang dilakukan tim wartawan secara manual.

Dimana ketinggian permukaan jalan yang sudah diaspal dengan yang belum diaspal ketika diukur selisih sekitar 4 cm.

“Saat berlangsung pengaspalan pada proyek yang diduga tanpa ada pengawasan dari pihak Dinas PU dan tanpa papan plank tersebut, cuaca mendung dan akhirnya turun hujan”, ujar salah seorang warga yang menyampaikan informasi pada wartawan.

Salah seorang sumber mengatakan bahwa proyek tersebut dibiayai dari APBD Sumut Tahun Anggaran 2020 dengan nilai sebesar sekitar Rp9 Milar.

Pemilik proyek adalah Dinas PU Provinsi Sumut. Dan tidak diketahui dari perusahaan mana pelaksana proyek. Salah seorang pekerja proyek yang ditanyai RADARINDO.co.id selalu menjawab tidak tahu.

“Saya tidak tahu siapa pemborongnya bang. Saya baru 3 hari kerja disini”, ujar seorang pekerja bertubuh pendek.(KRO/RD/Ganden)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com