Gubri Minta Ubah Trase Jalan Tol Dumai-Rantau Prapat

Image: Gubri Minta Ubah Trase Jalan Tol Dumai-Rantau Prapat

RADARINDO.co.id-Pekanbaru:
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau meminta PT Hutama Karya selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) agar mengubah trase jalan tol Dumai-Rantau Prapat, yang melintasi hutan adat di Kecamatan Bathin Salopan, Kabupaten Bengkalis.

Pasalnya jalan bebas hambatan sepanjang 175 kilometer itu membelah hutan adat masyarakat adat Bathin Salopan Bengkalis.

“Pak Gubernur minta agar trase jalan tol Dumai-Rantau Prapat yang melewati hutan adat diubah trasenya,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Riau, Maamun Murod kepada CAKAPLAH.com, Selasa (13/10/2020).

Apalagi, lanjut Gubri, DLHK Riau sudah diintruksikan Gubernur Riau untuk memfasilitasi agar hutan adat ini tetap eksis dan trase jalan tol Dumai-Rantau Prapat diubah. “Makanya kita sangat concern membantu masyarakat adat di sana. Hutan adat ini merupakan warisan budaya yang harus lestarikan,” ujarnya.

“Kita juga bangga hutan adat di sana juga sangat bagus. Karena di zaman sekarang, kita susah melihat hutan yang bagus seperti di Bathin Salopan,” sambungnya. Menurutnya, hutan adat ini juga sesuai dengan misi Gubernur Riau. Sebab jika hutan adat ini berhasil dipertahankan, maka sejalan dengan program Riau Hijau. (KRO/RD/Cakaplah)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com