Angin Kencang Landa Aceh Besar

Image: Angin Kencang Landa Aceh Besar

RADARINDO.co.id – Aceh:
Sebahagian kawasan di Kabupaten Aceh Besar dilanda hujan dan angin kencang, Sabtu (19/9) sehingga sejumlah pohon tumbang ke badan jalan, bahkan ada yang menimpa mobil dan rumah warga. Kalaksa BPBD Aceh Besar, Farhan AP, menyebutkan sedikitnya delapan kecamatan terdampak angin kencang tetsebut, yakni Kecamatan Kuta Malaka, Ingin Jaya, Darul Imarah, Masjid Raya, Seulimum, Lhoong, Simpang Tiga dan Blang Bintang.

Di Kecamatan Kuta Malaka terjadi di Peukan Samahani, pohon tumbang ke badan jalan lintas Sumatera. Begitu juga di Kecamatan Ingin Jaya lohon tumbang terjadi di Gampong Lubuk Batee, Ujong XII, Siron dan Gani. Di Gampong Lampasie, Kecamatan Darul Imarah pohon asam tumbang mengenai rumah warga milik T. Musafir (1KK/5 jiwa).

Rumah tersebut rusak berat di bagian atap. Sementara di Gampong Tingkeum, kecamatan yang sama, pohon tumbang menimpa dua unit mobil warga. Di Kecamatan Masjid Raya, dua rumah warga di Gampong Paya Kameng, atapnya di hempas angin kencang, masing-masing milik Farhan (1KK/5 jiwa) dan Nuraini (1KK/2 jiwa). Kedua unit rumah tersebut mengalami rusak berat.

Di Kecamatan Seulimum, pohon mangga tumbang membentang ke badan jalan penghubung desa di Gampong Buga. Kemudian di Pasar Seulimum, Dusun Lhok Seunong, pohon kelapa tumbang dan mengenai atap rumah bagian dapur milik Endang, 45, dengan kondisi rumah rusak ringan.

Angin kencang juga menyapu Kecamatan Lhoong, Aceh Besar. Pohon tumbang terjadi di jalan lintas Banda Aceh – Calang kawasan Gunung Paro. Sedangkan di Gampong Blang Mee, pohon asam tumbang menimpa salah satu kios warga.

Berikut di Kecamatan Simpang Tiga, dua rumah milik Bustami (1 KK/7 jiwa) dan Fatimah (2 KK/7 jiwa) di Gampong Lambunot tertimpa pohon mangga dan mengalami rusak sedang. Satu unit rumah milik Usman(1 KK/1jiwa) juga tertimpa pohon di Gampong Lamjame Dayah.

Sementara di Kecamatan Blang Bintang, terjadi di Gampong Lam Siem angin kencang telah menghempas atap rumah warga milik Saiful dan Toni Darma. Di Gampong Cot Bagi juga dua unit rumah warga atapnya juga ikut di hempas angin kencang.

Masih di Kecamtan Blang Bintang, dua unit rumah warga di Gampong Cot Sayun juga bagian atapnya dihempas angin kencang dan mengalami rusak sedang. “Tidak ada korban jiwa dalam kejadian angin kencang di Aceh Besar,” tambah Farhan yang memimpin langsung penanganan pasca bencana angin kencang itu.

Kalaksa BPBD Aceh Besar Farhan AP bersama Kasi Kesiapsiagaan Munawar membentuk tim untuk mengatasi kejadian dan membagi beberapa tim di lokasi yang berbeda. Dalam penanganan itu juga terlibat Dinas PUPR, PLN, Dishub, TNI-Polri dan masyarakat. (b05) Petugas BPBD Aceh Besar melakukan pembersihan pohon tumbang akibat angin kencang yang melanda sebahagian besar Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (19/9). (KRO/RD/wspda)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com