Kadisdik Batu Bara : Ki Hajar Dewantoro Bilang “Semua Orang Menjadi Guru”

Image: Kadisdik Batu Bara : Ki Hajar Dewantoro Bilang “Semua Orang Menjadi Guru”

RADARINDO.co.id – Batu Bara: Pemerintah Pusat melalui Dirjen Paud, Dikdas dan Dikmen Kemendikbud mengatakan kita punya tanggung jawab yang sama dalam mengelola satuan pendidikan maupun lembaga pendidikan.

Dengan niat dan semangat yang kuat kita akan memberikan pendidikan yang relevan dan berkualitas tinggi, merata, berkelanjutan dan didukung insfrastruktur dan tehnologi.

Hal tersebut disampaikan Dirjen Paud Dikdasmen, Jumeri, STP, MSi saat membuka Rakor Sinkronisasi Program Sekolah Dasar Pusat dan Daerah melalui Virtual dari Kemendikbud RI -Jakarta, Senin  (12/10/20).

Masih menurut Dirjen Paud, Dikdasmen bahwa rujukan kita adalah renstra Kemendikbud dalam bidang pendidikan. Dimana dalam pembukaan undang-undang dasar 1945 yang sebagian berbunyi  “Memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa”.

Itulah yang menjadi titik tolak kita dalam pembangunan bidang pendidikan. Jadi kebersamaan antara Pusat dan Daerah harus terus kita tingkatkan bersama para stakeholder yang ada kaitannya dalam bidang pendidikan.

Beberapa permasalah pendidikan yang ada di sekitar kita adalah masih rendahnya Angka Pertisipasi Kasar (APK) kita, Terkhusunya PAUD dan Perguruan Tinggi.

APK PAUD kita baru  41.18%. Bisa bekerjasama dengan Rendahnya mutu/hasil pembelajaran. Tidak ada lagi ujian nasional. Tahun depan yang ada Asesmen Nasional sebagai media untuk survey keberhasilan pendidikan, Ujar Kadisdik Batu Bara, Illyas Sitorus.

Lebihlanjur dikatakanya, sekaligus memperbaiki mutu pendidikan di sekolah.  Asesmen dalam bentuk Asesmen Kompetensi Minimal, survey karakter dan linglungan belajar akan dilaksanakan secara daring.

Sedangkan Direktur Sekolah Dasar Kemendikbud Dra Sry Wahyuningsih, MPd dalam paparanya terkait  tugas, fungsi dan peran Direktorat Sekolah Dasar  dalam membangun Sekolah Dasar, Lanjut Direktur bahwa amanat Renstra Kemendikbud, Renstra Paudadikdasmen berlanjut ke Tugas dan Fungsi Direktorat Sekolah Dasar, transpormasi pembinaan, percepatan peningkatan mutu serta upaya menyusun peta jalan pembinaan di Sekolah Dasar.

Menurut saya semua ini akan mendukung kebijakan merdekan belajar. Dimana manajemen tata kelola pendidikan SD, komitmen pendanaan dari kabupaten kota masih rendah, kulaitas pengelolaan pendidikan belom optimal.

Belum optimalnya pelibatan peran mitra pendidikan di pusat dan daerah serta belom singkron dan selarasnya Renstra dan program pendidikan pusat dan daerah, tambah Direktur.

Layanan dan akes pendidikan sekolah masih perlu perhatian, termasuk kualitas sarana dan prasarana pendidikan. Sekolah dengan RK-B 100% ada 149.046.

RK-RR 85.567, RK-RS dan RB (>25% ada 8.991, 26-50% ada 12.518, 51-75% ada 5.278 dan >75% ada 26.424). Sedangkan Ketersediaan Internet hanya 109.023, ketersediaan Toilet 133.468, ketersediaan sanitasi 11.490, ketersediaan listrik 141.142.

Ketersediaan komputer lebih dari 1 unit 105.203, ketersediaan komputer lebih dari 15 unit 4.569 sekolah. Diakhir paparannya Direktur Sekolah Dasar menyampaikan terkait Konektifitas dinas dengan Mitra peduli pendidikan diantaranya penyebarluasan informasi.

Menjalin kerjasama pemda, sekolah dan mjtra peduli pendidikan serta evaluasi terhadap pelaksanaan program kerjasama untuk mendapatkan umpan balik dari pemangku kepentingan, tegasnya.

Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus yang juga sebagai salah satu pembicara pada Webinar tersebut menyampaikan terkait Pembejaran dimasa Pandemik Covid-19.

Menurut Ilyas bahwa Semasa pandemik Covid-19 ini, suka tidak suka, mau tidak mau PJJ/BDR apakah during, luring maupun kombinasi dari keduanya merupakan solusi dalam membantu anak-anak kita dalam belajar.

Oleh karenanya butuh kesabaran, butuh kemauan yang kuat bagi kita semua termasuk orangtua dalam mendampingi anaknya dalam belajar di rumah.  (KRO/RD/DHASAM)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com