Bunga di Seluruh Dunia Alami Perubahan Warna Hadapi Perubahan Iklim

Image: Bunga di Seluruh Dunia Alami Perubahan Warna Hadapi Perubahan Iklim

RADARINDO.co.id – Medan: Selain pandemi, sebenarnya dunia juga sedang menghadapi persoalan tentang perubahan iklim. Perubahan iklim menjadi tantangan bagi seluruh makhluk hidup di Bumi, Kids.
Untuk menghadapi perubahan, ada dua pilihan yang harus dihadapi makhluk hidup, enggak terkecuali bagi tumbuh-tumbuhan di planet ini.

Studi mengungkap bahwa bunga di seluruh dunia mengalami perubahan warna akibat perubahan iklim.

Berdasarkan IFL Science, penelitian yang menunjukkan bunga beradaptasi dengan cepat selama 75 tahun terakhir.
Adaptasi tersebut dilakukan sebagai respon terhadap kenaikan suhu dan penurunan ozon, Kids.

Respon dilakukan bunga dengan cara mengubah pigmen ultraviolet (UV) pada kelopaknya. Studi tentang bunga tersebut dipublikasikan dalam jurnal Current Biology.

Studi tersebut dilakukan dengan cara mengamati lebih dari 1.200 spesies tanaman yang diawetkan. Sebanyak 42 spesies bunga berasal dari tiga benua dan dari tahun 1941 hingga 2017.

Peneliti menganalisis tingkat pigmentasi bunga dengan menggunakan kamera sensitif UV. Pigmen pada bunga ini enggak bisa kita lihat secara langsung, Kids.

Hasilnya menunjukkan bahwa pigmentasi bunga yang menyerap UV meningkat sepanjang paruh kedua abad ke-20. Secara global dengan rata-rata adalah sebanyak 2 persen setiap tahun selama tujuh dekade terakhir.

Menurut peneliti, adaptasi tersebut ada kaitannya dengan bertambahnya suhu serta penurunan ozon di atmosfer, nih.

Sayangnya, jumlah ozon di atmosfer Bumi kian menurun sejak tahun 1970-an karena perubahan iklim. Akibatnya radiasi UV menjadi lebih intens dan tumbuhan serta makhluk hidup lainnya pun terpapar lebih banyak radiasi UV.

Tanaman memang membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh, tapi terlalu banyak radiasi UV dari Matahari malah bisa merusaknya.

Pigmentasi bunga nantinya bakal membuat tanaman lebih sulit untuk menarik para penyerbuk. (KRO/RD/wspd)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com