Penyair AS Menangi Nobel Sastra 2020

Image: Penyair AS Menangi Nobel Sastra 2020

RADARINDO.co.id – Swedia :
Penghargaan Nobel Sastra tahun ini diberikan kepada penyair asal Amerika Serikat, Louise Glück pada Kamis (8/10/2020) waktu setempat atas ‘suara puitisnya yang sangat jelas bahwa dengan keindahan yang kuat membuat keberadaan seseorang menjadi universal.’

Melansir Associated Press Jumat (9/10/2020), pengumuman Nobel itu disampaikan di Stockholm oleh Mats Malm, sekretaris permanen dari Akademi Swedia. Glück, penyair perempuan kelahiran New York 77 tahun yang lalu ini adalah seorang profesor Sastra Inggris di Universitas Yale.  Dia adalah wanita keempat yang memenangkan penghargaan untuk bidang sastra sejak tahun 2010, dan merupakan tokoh ke-16 sejak hadiah Nobel diberikan pertama kali pada tahun 1901.

Orang Amerika terakhir yang memenangkan hadiah Nobel adalah Bob Dylan pada tahun 2016. Glück memenangkan Penghargaan Pulitzer pada tahun 1993 untuk antologi karyanya, The Wild Iris dan Penghargaan Buku Nasional pada tahun 2014.

Penghargaan lainnya termasuk Penghargaan Bollingen tahun 2001 untuk Puisi, Penghargaan Wallace Stevens, yang diberikan pada tahun 2008, dan Medali Kemanusiaan Nasional, diberikan pada tahun 2015 . Debut puisinya, Firstborn adalah karya sastra yang lahir pada tahun 1968 dan dengan segera dinobatkan sebagai satu dari sekian banyak penyair terkemuka dalam sastra kontemporer Amerika.

Puisinya mencirikan perjuangan yang jelas dan seringkali berfokus pada masa kanak-kanak, kehidupan keluarga dan hubungan dekat dengan orangtua juga saudara kandung. Akademi Nobel Swedia mencatat kumpulan karya Glück pada tahun 2006 Averno sebagai karya dari seorang pakar dan sebuah interpretasi visioner akan mitos turunnya Persephone ke neraka dalam tawanan Hades, Dewa Kematian.

Penghargaan nobel senilai 10 juta Kronor atau US$1,1 juta (sekitar Rp16,2 Miliar) itu muncul setelah beberapa tahun terjadi kontroversi dan skandal pada akademi penghargaan sastra terkemuka di dunia. (KRO/RD/wspda)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com