Pemkab Nias Gelar Kick Off Meeting Penyusunan Dokumen KLHS Penyusunan RPJMD Tahun 2021-2024

Image: Pemkab Nias Gelar Kick Off Meeting Penyusunan Dokumen KLHS Penyusunan RPJMD Tahun 2021-2024

RADARINDO.co.id-Nias: Pemerintah Kabupaten Nias Sumut, gelar Kick Off Meeting penyusunan dokumen kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) untuk penyusunan RPJMD Kabupaten Nias Tahun 2021-2024, yang dilaksanakan di ruang rapat lt 3 Kantor Bupati Nias, Jumat (09/10/2020).

Dalam sambutannya Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli, MM yang membuka acara tersebut menyampaikan, konsep pembangunan berkelanjutan saat ini menjadi perhatian utama dalam berbagai proses perencanaan dan penyelenggaraan pembangunan, dimana pilar utama pembangunan berkelanjutan yaitu sosial, ekonomi dan lingkungan serta didukung pilar hukum dan tata kelola.

Tujuan pembangunan berkelanjutan diberlakukan dengan prinsip-prinsip universal, integrasi dan inklusif untuk meyakinkan bahwa tidak akan ada seorang pun yang melewatkan atau non-one behind.

Tujuan pembangunan berkelanjutan dideklarasikan pada bulan September 2015 terdiri atas 17 tujuan dan 169 target dalam rangka melanjutkan upaya dan pencapaian Millenium Development Goals (MDGs) yang berakhir pada tahun 2017.

Dalam penerapan TPB di Indonesia, Pemerintah menyusun indikator pencapaian TPB sebanyak 319 indikator yang mengacu pada 241 indikator TPB yang ditetapkan oleh PBB.

Selanjutnya, Sokhiatulo menjelaskan bahwa, pelaksanaan Kick Off Meeting saat ini adalah tahapan yang harus kita laksanakan dan merupakan tahap awal dari seluruh rangkaian tahapan dalam penyusunan dokumen kajian Lingkungan Hidup Strategis untuk penyusunan RPJMD kabupaten Nias Tahun 2021-2024.

Diakhir katanya Bupati Nias berharap pelaksanaan acara ini, akan bisa menampung berbagai masukan dan sharing informasi tentang bagaimana solusi dari permasalahan yang akan dihadapi, harap Sokhiatulo.

Sebelumnya dalam laporan kepala Dinas PKP Kabupaten Nias menyampaikan, salah satu kegiatan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Nias pada Tahun 2020 ini adalah penyusunan dokumen KLHS.

Segala pembiayaan yang timbul dari pelaksanaan kegiatan ini tertampung pada dokumen pelaksanaan anggaran atau dokumen pelaksanaan perubahan anggaran satuan kerja perangkat daerah Dinas Perumahan dan kawasan Permukiman Kabupaten Nias TA. 2020. (KRO/RD/T.Harefa)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com