UU Ciptaker Ternyata Tak Jamin Iklim Investasi Langsung Membaik

Image: UU Ciptaker Ternyata Tak Jamin Iklim Investasi Langsung Membaik

RADARINDO.co.id-Jakarta:
Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) telah disahkan. UU tersebut diyakini dapat memperbaiki iklim investasi di Indonesia. Menurut Direktur Riset Core Piter Abdullah, tidak ada jaminan regulasi akan langsung memperbaiki iklim investasi di Tanah Air. Sebab, keputusan lembaga legislatif yang terkesan terburu-buru mengesahkan RUU Ciptaker menimbulkan kegaduhan dari berbagai elemen buruh.

“Saya kira investor akan sangat berhati-hati. Jadi belum ada jaminan pengesahan UU Ciptaker akan memperbaiki iklim investasi di Indonesia,” kata Piter saat dihubungi, Selasa (6/10/2020). Menurut dia, pemerintah terjebak pemikiran bahwa untuk mendorong pertumbuhan ekonomi hanya bisa dilakukan dengan investasi besar dari luar negeri. Hal ini yang menyebabkan pemerintah sangat mengutamakan RUU Ciptaker.

“Pandangan ini tidak sepenuhnya benar. Kita masih ada sumber lain di dalam negeri untuk mendorong investasi,” ujarnya. Dia menjelaskan, regulasi itu hanya berfungsi untuk mengurangi hambatan seseorang ketika akan berinvestasi. Misalnya, seperti terkait perizinan, lahan, dan ketenagakerjaan.

“Tapi tidak mengurangi hambatan seperti permasalahan inkonsistensi kebijakan pemerintah dan kurangnya koordinasi pusat dan daerah,” kata dia. Dia menambahkan, pemerintah tah hanya bisa mengandalkan dari adanya UU Ciptaker saja dalam menarik investor luar negeri. “Kalau kebijakan pemerintah masih tidak konsisten, maju mundur, masih tidak terkoordinasi antar kementerian, antar pusat dan daerah, tidak ada jaminan investasi akan meroket,” kata Piter.

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com