AMLPBP Demo PT Aqua Farm

Image: AMLPBP Demo PT Aqua Farm

RADARINDO.co.id – Samosir: Aliansi Masyarakat Lontung menggelar aksi damai ke PT. Aqua Farm Nusantara (AFN) mereka menuntut, agar menghargai hak warga di sekitar areal budidaya ikan Nila tersebut.

Diperkirakan ratusan massa AMLPBP Aliansi Masyarakat Lontung Peduli Bona Pasogit (AMLPBP) melakukan unjukrasa ke AFN Regal Springs Indonesia di Desa Huta Ginjang, Kecamatan Simanindo, Sabtu (3/10/2020).

Massa datang menggunakan kapal kayu ke perusahaan tetap mematuhi protokoler kesehatan (Prokes) sesuai dengan anjuran pemerintah.
Drahmenta Situmorang selaku koordinator aksi menyampaikan tuntutan kepada perusahaan agar menghargai nilai kultur budaya dan adat istiadat.

Perusahaan menumpang di tanah kelahiran masyarakat Lontung seakan tidak peduli dan menutup mata, hati dan pikiran demi keuntungan lebih besar untuk perusahaan.

Masyarakat Lontung sudah beberapa kali menyuarakan persoalan tersebut baik lewat pejabat perusahaan, pemerintah desa (Pemdes) dan DPRD Samosir Komisi III, namun tetap tidak peduli.

AMLPBP menuntut perusahaan tidak lagi menarik keramba panen keperairan Si Tio-tio Tomok dikarenakan mengurangi pendapatan nelayan.

Sementara Anggota DPRD Samosir Paham Gultom turut hadir, menjelaskan bahwa surat AMLPBP sudah masuk 2 hari lalu ke DPRD.

“Di sini saya sampaikan kepada Sakti Sinaga, Irfan juga Hartoyo sebagai utusan dan penanggungjawab harus bisa mengambil keputusan terkait tuntutan masyarakat”, sebut Paham Gultom anggota DPRD Samosir.

Tuntutan masyarakat harus diterima perusahaan, kita tunggu sampai tanggal 3 Desember hasil kesepakatan bersama perusahaan, pintanya.

Drahmenra Situmorang menambahkan sesuai kesepakatan bersama sepakat masalah penarikan keramba kelokasi Pangambatan akan dikaji ulang. Sedangkan CSR akan dibahas Selasa 6 Oktober 2020 dengan Ibu Dian Octavia, ucapnya.

Selain itu perekrutan tenaga kerja bila ada penerimaan karyawan baru segera disosialisasikan ke 5 Desa di kenegerian Lontung.

Senior Manager Coorporate Pers and Comunication Kasan Mulyono, menyampaikan sangat menghormati masukan dari masyarakat dan mempelajari untuk diajukan rapat hari ini.

Perusahaan juga peduli masyarakat serta memiliki program dan tanggung jawab sosial, wujud tanggung jawab kepada masyarakat, lingkungan, karyawan.

“Perusahaan memiliki program Kami Peduli menaburkan benih ikan di Danau Toba dan ini adalah salah satu mendukung pemerintah sebagai program ketahanan pangan”, ujar Mulyono mengakhiri. (KRO/RD/wspda)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com