Satu Hari Empat Gelombang, Umrah Resmi Dibuka Dengan Protokol Ketat

Image: Satu Hari Empat Gelombang, Umrah Resmi Dibuka Dengan Protokol Ketat

RADARINDO.co.id-Arab Saudi
Otoritas haji dan umrah Arab Saudi memulai kembali pelaksanaan umrah pada Minggu (4/10/2020). Rombongan pertama tiba di Masjidil Haram pada pukul 06.00 waktu setempat.

Untuk menuju Masjidil Haram, para jamaah tak berangkat sendiri-sendiri, melainkan dikumpulkan terlebih dulu di beberapa lokasi dan mengikuti sejumlah protokol kesehatan yang sangat ketat untuk menekan penyebaran virus corona.

Beberapa lokasi yang disiapkan, adalah Ajyad, Al Shisha, Al Gaza, dan Al Zahir. Dari lokasi tersebut, jamaah dibawa ke Masjidil Haram menggunakan bus dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti dikutip dari Saudi Press Agency (SPA).

Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali, menyebut pelaksanaan umrah dalam satu hari dibagi dalam empat waktu atau gelombang. Dalam satu gelombang, ada 1.500 jamaah menunaikan ibadah umrah. Otoritas Arab Saudi telah mengeluaarkan izin bagi 108.041 pemohonan umrah yang mendaftar melalui aplikasi I’tamarna, terhitung sejak pendafaran umrah melalui aplikasi dibuka pada 27 September hingga 1 Oktober 2020.

Kementerian Haji dan Umrah menyatakan, dari total izin yang dikeluarkan, 42.873 di antarnya diperuntukkan bagi warga negara Saudi dan sisanya, 65.128, untuk ekspatriat dari berbagai negara. Pada 1 jam pertama peluncuran, aplikasi sudah menerima sekitar 16.000 pendaftaran.

Sementara itu total pemohon yang mendaftar pada pekan pertama peluncuran I’tamarna mencapai 309.686 orang, sebanyak 224.929 di antaranya merupakan pemohon dan 84.757 pendamping.

Kepresidenan Umum untuk Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah merampungkan persiapan untuk menerima jamaah. Berbekal pengalaman pelaksanaan haji, kepresidenan menerapkan tindakan pencegahan tertinggi, bekerja sama dengan otoritas berwenang seperti kementerian kesehatan.

Kepresidenan juga merekrut sedikitnya 1.000 staf untuk mengawal jamaah dalam melaksanakan setiap prosesi umrah di Masjidil Haram. Masjidil Haram dibersihkan 10 kali sehari sebelum dan sesudah rombongan umrah tiba. Selain itu toilet dibersihkan 6 kali sehari, demikian pula dengan karpet, tempat air Zamzam, serta semua kendaraan. Selain itu kamera pendeteksi suhu tubuh dipasang di berbagai tempat Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. (KRO/RD/Waspada)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com