KMP Aceh Hebat 1 Segera Berlayar

Image: KMP Aceh Hebat 1 Segera Berlayar

RADARINDO.co.id-Banda Aceh:
KMP Aceh Hebat 1 diluncurkan pada Sabtu, 3 Oktober 2020, di Galangan PT. Multi Ocean Shipyard (PT.MOS) di Tanjung Balai Karimun. Kapal roro 1.300 GT itu segera berlayar usai mengikuti beberapa pengujian. Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengatakan pengujiannya seperti uji kemiringan, uji berlayar dan fungsi seluruh komponen.

“Menurut jadwal 30 November akan berlayar ke Aceh dan akan beroperasi sebagaimana seharusnya,” kata Nova, dalam keterangannya, Sabtu, 3 Oktober 2020. Nova mengatakan, KMP Aceh Hebat 1 sudah memasuki tahap akhir pembangunan. Usai peluncuran, disusul dengan tahap penyelesaian akhir kemudian kapal dikirim ke Aceh.

“Ini penanda bahwa kapal secanggih Aceh Hebat 1 bisa dibangun oleh tenaga Indonesia dan pemanfaatan juga untuk orang Indonesia khususnya orang Aceh,” ujarnya. Nova mengungkapkan, Aceh Hebat menjadi sejarah baru bagi Aceh. Karena Aceh belum pernah memiliki kapal yang dibangun sendiri. Selama ini, pelayaran Aceh dilayani oleh kapal milik ASDP.

“KMP Aceh Hebat ini kapal pertama yang dibangun sendiri dengan uang masyarakat Aceh. Ukurannya relatif besar dengan desain yang up-to-date,” ucap Nova. Nova menjelaskan, Aceh Hebat 1 merupakan salah satu dari tiga kapal roro yang dipesan pemerintah Aceh untuk meningkatkan konektivitas antar pulau. Aceh Hebat 1 yang berkapasitas 1.300 GT akan melayari lintasan barat ke Pulau Simeulue, Aceh Hebat 2 yang berbobot 1.100 GT melayari Balohan Sabang-Pelabuhan Ulee Lheu dan Aceh Hebat 3 yang berbobot 600 GT akan melayani rute Singkil-Pulau Banyak. (KRO/RD/Waspada)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com