DPW Puan Sumut Gelar Pelatihan Pembuatan Mpekmpek

Image: DPW Puan Sumut Gelar Pelatihan Pembuatan Mpekmpek

RADARINDO.co.id-Medan:
Dewan Pimpinan Wilayah Perempuan Amanat Nasional (DPW PUAN) Sumatera Utara, di bawah kepemimpinan Hj Zuraidah Ghina SE dan Sekretaris Dini Hikmayani Nasution MSI, menggelar pelatihan pembuatan mpekmpek di Kantor DPW PAN Sumut, Jalan Sei Lepan No 2 Medan, Sabtu (3/10/2020).

Pelaksanaan pelatihan pembuatan mpekmpek ini dipandu Chef Dr Hj Bertha Nellya SIp MSi, yang juga Bendahara DPW PUAN Sumut. Acara ini disambut antusias puluhan anggota PUAN Sumut dan juga beberapa kaum ibu dari Karang Taruna.

Menurut Bertha, mpekmpek merupakan makanan khas Palembang, Sumatera Selatan yang rasanya lezat, sehat, sekaligus bergizi serta bisa juga dijadikan sebagai penganan untuk dijual. “Saya lihat usaha penjualan mpekpek ini, pasarannya cukup bagus di Kota Medan,” kata dosen pascasarjana di sejumlah perguruan tinggi di Medan ini.

Pada kesempatan itu, Bertha Nellya yang dibantu asisten Erlina Koto, Eli Manday dan Adek Zahara ini menyebutkan, sejumlah bahan pembuatan mpekpek. Antara lain daging ikan tenggiri, tepung kanji, telur, garam, bawang putih dan lainnya.

Mpekmpek disajikan dengan kuah saus berwarna hitam kecokelat-cokelatan, yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko terbuat dari air, gula merah, ebi (udang kering), cabai rawit tumbuk, bawang putih, dan garam.

Bertha mengatakan, membuat mpekpek tidak sulit, yang sulit menyediakan bahannya. “Kami di Palembang sudah sangat terbiasa membuat mpekpek dalam hitungan menit, karena bahan-bahannya gampang didapat,”kata wanita cantik dan smart, yang asli kelahiran Palembang ini.

Sementara itu, Ketua DPW PUAN Sumut Zuraidah Ghina didampingi Sekretaris Dini Hikmayani menyebutkan, kegiatan pelatihan membuat mpekmpek merupakan agenda rutin PUAN Sumut, sebagai bagian dari kegiatan PUAN Kreatif dan Peduli, yang bertujuan meningkatkan kemampuan dan kreativitas kaum perempuan di Sumatera Utara.

“Insya Allah kegiatan ini akan terus kami lanjutkan, untuk mendorong peningkatan kreativitas dan kemandirian kaum perempuan, sehingga lebih mampu memberikan kontribusi dalam ikut serta membantu perekonomian keluarga,” kata Zuraidah.(KRO/RD/Andalas))

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com