Dahsyatnya Amalan Bersedekah

Image: Dahsyatnya Amalan Bersedekah

RADARINDO.co.id-Medan: Kata kata memberikan bantuan atau sedekah selalu terdengar. Mengucapkan memberi sedekah sangat mudah dan gampang, namun tidak segampang merealisasikan antara ucapan dengan perbuatan.

Siapa pun tahu, bersedekah sungguh merupakan perbuatan yang sangat mulia dimata manusia, terlebih lebih dihadapan Allah Tuhan Yang Maha Esa.

Adalah suatu riwayat ajaran agama Islam menceritakan begitu dasyatnya pahala sedekah. Sehingga ketika seseorang yang telah sampai ajalnya atau bahkan yg telah meninggal mereka berharap untuk bisa kembali kedunia hanya untuk “Bersedekah”.

 

Allah SWT berfirman dalam Alquran: “Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu, lalu dia berkata (menyesali), ‘Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian) ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat Bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh.” (QS al-Munafiqun. 63: 11).

Mengapa ia menyebut Bersedekah. Padaha banyak amal Shaleh lainnya yang tak kalah dahsyat pahalanya. Sebut saja shalat sunah, baca Alquran, berpuasa, berzikir, berjihad, atau berangkat haji ke Tanah Suci.

Mengapa ia memilih bersedekah dari sekian banyak amal-amal shaleh yang ada? Para ulama mengatakan, karena ia melihat sedemikian dahsyatnya pahala Sedekah setelah kematiannya.

Seorang yang meninggal itu ketika melihat dosanya, Sedekahlah salah satunya yang dapat menghapuskan dosanya.

Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR Turmudzi, Ahmad, al-Baihaqi, an-Nasa`i, dishahihkan al-Albani).

Ketika orang yang akan meninggal tengah menghadapi hebatnya Sakaratul maut, Sedekah juga dapat melapangkan dadanya. Sehingga, ia dapat melepaskan nyawa dengan khusnul khatimah.

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya, sedekah memadamkan murka Allah dan mencegah kematian yang buruk.” (HR Turmudzi, Ibnu Hibban, dan Tirmizi).

Demikian juga, ketika seorang yang meninggal melihat api neraka yang siap menerkamnya, ia melihat amalan sedekah bisa menyelamatkannya dari api neraka.

Rasulullah SAW berpesan kepada istrinya Aisyah RA: “Wahai Aisyah, berlindunglah dari siksa api neraka walau dengan sebutir kurma.” (HR Ahmad, al-Bazzar, dan Ibnu Khuzaimah).

Seiring perkembangan zaman yang serba canggih dan super instan saat ini, masih ada orang yang enggan bersedekah.

Mereka ada yang lupa, bahwa semua yang bernyawa pasti akan merasakan mati. Urusan dunia dianggap segalanya.

Mereka terlalu sayang dengan harta walau mereka yakin harta tersebut tak akan dibawa mati. Ketika maut menjelang, harta berpindah tangan kepada orang lain.

Ia baru akan merasakan, betapa meruginya selama di dunia menjadi orang yang kikir Bersedekah.

Pada kenyataannya masih banyak orang yang mengaku beriman tidak percaya dengan sabda Nabi mereka sendiri.

Mereka meragukan jaminan Nabi mereka bagi orang yang Bersedekah. Mereka begitu sayang untuk merelakan harta terbaik mereka untuk Disedekahkan.

Jika mesti harus Bersedekah hanya sisa-sisa uang kecil mereka yang tak begitu bernilai untuk dibelanjakan. Padahal, sedekah itulah tabungan mereka di akhirat yang akan setia mendampingi mereka.

Ketika mereka sudah melihat akhirat, barulah mereka sadar, Sedekahlah merupakan amal saleh dahsyat yang mampu menyelamatkan mereka.

Orang yang ahli Bersedekah sangat dimuliakan Allah SWT dan akan mendapat balasan dari perbuatan terpujinya itu. Berikut, merupakan keutamaan-keutamaan bagi orang yang ahli bersedekah.

Dalam salah satu hadis disebutkan bahwa ada tujuh pihak yang diberi naungan oleh Allah, di mana pada hari itu tidak ada naungan kecuali naungan NYA.

Rasulullah SAW bersabda: “Seorang yang BERSEDEKAH dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang DISEDEKAHKAN oleh tangan kanannya” (HR. Bukhari no. 1421).

Rasulullah SAW bersabda: “Harta tidak akan berkurang karena SEDEKAH. Dan seorang hamba yang memiliki sifat pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya” (HR. Muslim, no. 2588).

“SEDEKAH dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api” (HR. Tirmidzi yang disahihkan Al-Albani dalam Sahih At-Tirmidzi, 614).

Allah SWT berfirman dalam Al’Quran: “Sesungguhnya orang-orang yang BERSEDAKAHLAH baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak” (Qs. Al Hadid: 18).

Nabi Muhammad SAW bersabda: “SEDEKAH akan memadamkan api siksaan di dalam kubur” (HR. Thabrani, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Targhib, 873)

Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Thabrani, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sesungguhnya SEDEKAHNYA orang muslim itu dapat memanjangkan umurnya, dapat mencegah kematian yang tidak baik (su’ul khotimah). Allah SWT akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri“. (HR. Thabrani)

Demikian beberapa janji Allah SWT pada amalan ringan bernama Sedekah. Semoga kita bisa istikamah mengamalkannya. (KRO/RD/TURSINA)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com