Wajib SKP Awal Tahun, ASN Berkinerja Buruk Terancam Pecat

Image: Wajib SKP Awal Tahun, ASN Berkinerja Buruk Terancam Pecat

RADARINDO.co.id-Singkil:
Wajib SKP awal tahun, ASN yang berkinerja buruk terancam pecat. Aparatur Sipil Negara (ASN) Aceh Singkil mulai tahun depan harus menyusun sasaran kinerja pegawai (SKP) setiap memasuki awal tahun.

Hal ini dilakukan sebagai tugas bagi ASN untuk mempersiapkan rencana kerja selama setahun bagi para abdi negara tersebut. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS), yang sudah resmi diteken Presiden Jokowi 21 Mei 2019, dengan sanksi pemecatan bagi ASN berkinerja buruk.

“Selama ini bekerja tanpa pedoman SKP, susun SKP saat hendak naik pangkat saja, mulai 2021 awal tahun harus sudah disusun dan dilaporkan sebagai rencana kerja PNS,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Aceh Singkil Ali Hasmi, didampingi Kabid Informasi Kepegawaian Toharuddin Sinambela dikonfirmasi Waspada di Gedung Diklat setempat, Selasa (22/9)

Ditegaskannya, setelah SKP disusun dan diisi, maka akan menjadi sasaran rencana kerja selama setahun.
Namun jika hingga Desember sasaran kerja tidak tercapai, dan berkinerja buruk, maka ASN yang bersangkutan akan mendapat sanksi pemotongan tunjangan kinerja dan dilakukan evaluasi selama 6 bulan ke depan.

“Tercapai tidaknya pada SKP awal tahun, Desember akan ditentukan, jika setelah evaluasi 6 bulan, kinerja juga masih rendah, ASN bisa diberhentikan,” tegas Hasmi.

Sebelum aturan itu diterapkan per Januari 2021, saat ini BKPSDM sedang mensosialisasikan kepada pegawai bersangkutan, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor30 tahun 2019 tentang penilaian kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dan PP 46 tahun 2011 tentang prestasi kerja pegawai negeri sipil.

“Jadi pegawai harus sudah tau kerjanya apa sasaran selama setahun. Sedang kita susun program kerjanya,” ucap Hasmi. Toha menambahkan, kegiatan sosialisasi dilaksanakan selama dua hari, Senin dan Selasa, 21-22 September 2020, yang diikuti 36 para Kasubbag Pegawai dari sebanyak 46 SKPK. (KRO/RD/Waspada)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com