Karya Bakti TNI Lakukan Kegiatan Sosial Kemanusiaan Rehab Rumah Tak Layak Huni dan Rumah Ibadah

Image: Karya Bakti TNI Lakukan Kegiatan Sosial Kemanusiaan Rehab Rumah Tak Layak Huni dan Rumah Ibadah

RADARINDO.co.id – Sultra : Karya Bakti TNI merupakan salah satu bagian dari kegiatan Bakti TNI untuk menangani masalah-masalah sosial dan kemanusiaan, kegiatan ini bertujuan untuk membantu tugas Pemerintah Daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan sosial dan kemanusiaan ini dilakukan melalui pembangunan secara fisik dan non fisik dan kali ini Karya Bakti TNI hadirkan 38 unit rehab rumah tidak layak huni dan 2 rehab rumah ibadah di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Demikian diungkapkan Kapenrem 143/HO Mayor Arm Sumarsono dalam rilisnya, Kendari, yang diterima wartawan, Senin (21/9/2020).

“Kegiatan Karya Bakti TNI yang mengambil tema “Melalui Karya Bhakti TNI Untuk Negeri, Kita Tingkatkan Percepatan Pembangunan Wilayah Dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Serta Sinergitas Antara Komponen Bangsa Guna Memperkuat Kemanunggalan TNI Dan Rakyat” dibuka oleh Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka SE,” terangnya.

“Untuk pelaksanaan Karya Bhakti dimulai dari tanggal 21 – 24 September 2020 di tiga lokasi berbeda yaitu di Kabupaten Konsel, Konawe dan Kota Kendari dengan melaksanakan kegiatan fisik dan non fisik,” imbuh Mayor Sumarsono.

Masih menurut Kapenrem dalam sambutannya di Upacara Pembukaan Pangdam menyampaikan apresiasi dan ungkapan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, khususnya Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan yang telah mendukung penyelenggaraan kegiatan Karya Bakti TNI di wilayah ini.

“Terimakasih dan apresiasi setinggi – tingginya kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, Karena pada dasarnya Karya Bakti TNI ini bertujuan untuk membantu tugas Pemerintah Daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan secara fisik dan non fisik serta percepatan pembangunan di daerah guna mewujudkan sasaran Pembinaan Teritorial yang berorientasi pada kemanunggalan TNI-Rakyat,” ungkap Mayjen TNI Andi Sumangerukka.

Adapun sasaran karya Bakti meliputi rehab Masjid, rehab Gereja, rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan Bakti Sosial (pembagian sembako dan rapid test) di tiga wilayah diantaranya Kampung Nelayan, Abeli Dalam dan Morosi sebanyak 1000 paket dan sasaran non fisik antara lain sosialisasi terkait Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di masa pandemi Covid-19 dan wawasan kebangsaan, lanjut Pangdam.

“Dikaitkan dengan masa pandemi covid 19 sekarang ini, Saya Menghimbau agar dalam pelaksanaan setiap kegiatan selalu menerapkan protokol kesehatan, menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak guna mencegah penyebaran Covid-19. Jaga kesehatan dan selalu semangat,” pungkas Mantan Danrem 143/HO.

Untuk diketahui Rincian rincian sasaran fisik dan non fisik Karya Bakti meliputi kegiatan Fisik. Konsel rumah tidak layak huni sebanyak 16 unit, rehab masjid 1 unit, rehab gereja 1 unit.

Kendari rumah tidak layak huni berjumlah 17 unit, pembuatan MCK 2. Konawe rumah tidak layak huni sebanyak 5, atau total rehab rumah tidak layak huni berjumlah 38 unit. Serta kegiatan non fisik diantaranya adalah wawasan Kebangsaan, Fun Bike dan Bhaksos.

Lebih lanjut kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan sembako secara simbolis oleh Gubernur Sultra H Ali Mazi SH, Pangdam XIV/Hsn dan Forkopimda Sultra kepada perwakilan masyarakat serta meninjau sasaran Karya Bakti Bedah Gereja (GPdI Anugerah) di Jln Sorumba Desa langgea Kec. Ranomeeto Kab. Konsel.

Hadir dalam kegiatan ini H Abdurrahman Shaleh SH, MSi, (Ketua DPRD Prov. Sultra), Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya, S.H, (Kapolda Sultra), Brigjen TNI Aminullah (Kabinda Sultra), Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan SE, MBA, (Danrem 143/HO), H Sulkarnain SE, MM, (Walikota Kendari), Kolonel Pnb Muzafar S.Sos, MM, (Danlanud Haluoleo), Kolonel Laut (P) Andika Srimutia (Danlanal Kendari), Kolonel Inf Hartawan Indrawira S.Sos, (Kapendam XIV/Hsn), Letkol Kav Agus Waluyo, SIP, (Dandim 1417/Kendari), AKBP Erwin Pratomo, SIK (Kapolres Konsel), Mayor Inf Muh Amin SIP (Danyonif 725/Wrg), H. Subhan ST, (Ketua DPRD Kota Kendari), Dian Frits Nalle SH, (Asintel Kejati Sultra), Kompol I Gede Raka (Wakapolres Kendari) dan 200 orang peserta upacara.
(KRO/RD/rilis/penrem143)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com