Rocky Larang Warga Tebang Hutan

Image: Rocky Larang Warga Tebang Hutan

RADARINDO.co.id-Medan:
Perambahan dan penebangan dalam kawasan hutan dapat dipidana sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan (P3H).

“Selain itu, kita juga melarang melakukan kegiatan pembukaan lahan tanpa izin sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 34 Tahun 2003,” sebut Bupati Aceh Timur H. Hasballah HM. Thaib, ketika meninjau lokasi Pembangunan Suaka Rhino Sumatera (SRS) di Desa Sri Mulya, Kec. Peunaron, Aceh Timur, Sabtu (19/9).

Kunjungan bupati bersama unsur muspika dan instansi lainnya juga ikut memasang papan nama kawasan pembangunan SRS dalam kawasan hutan Alur Timur. Progres pembangunan tempat perlindungan badak itu rencananya akan dimulai tahun 2021 mendatang.

“Pembangunan suaka badak ini bagian dari rencana aksi darurat penyelamatan badak sumatera dari dari kantong populasi yang sudah tidak sintas (tidak viable–red),” sebut Rocky sembari mengajak seluruh unsur dan elemen sipil masyarakat mendukung upaya penyelamatan badak sumatera di Aceh Timur.

Pihaknya sangat mendukung perkembangan pembangunan tersebut. Selain menjadi kawasan perlindungan untuk kelestarian alam dan satwa lokasi penangkaran badak nantinya juga menjadi destinasi wisata konservasi baru di Aceh Timur.

“Ini merupakan prospek yang sangat bagus bagi ekonomi masyarakat yang ada disini,” tuturnya. Masyarakat juga diajak untuk mendukung dan membantu mewujudkan kehadiran SRS tersebut di Aceh Timur, sehingga hutan Aceh Timur yang luas tetap asri.

“Sebagian kawasan hutan terhubung langsung dengan hutan alami Kawasan Ekosistem Leuser termasuk kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL),” tutur Rocky.

Sementara itu, Koordinator Program Perlindungan Satwa Liar dari Forum Konservasi Leuser ( FKL) Dedi Yansyah, mengapresiasi pemerintah dan masyarakat didaerah itu yang telah mendukung progres pembangunan tersebut, bahkan pihaknya juga menargetkan tahun 2021 pembangunan SRS segera rampung. (KRO/RD/Waspada)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com