Terjaring Tidak Pakai Masker Warga Dihukum Bersihkan Sampah

Image: Terjaring Tidak Pakai Masker Warga Dihukum Bersihkan Sampah

RADARINDO.co.id-Ano:
Bagi warga pengendera kendaraan bermotor yang tak menggunakan masker dan terjaring razia operasi Yustisi protokol kesehatan, diberikan hukuman membersihkan sampah dengan tangan kosong.

Razia itu digelar puluhan gabungan personil dari Polres Lhokseumawe, Kodim 0103, Denpom IM/Lhokseumawe, Detasemen Brimob Jeulekat dan Satpol PP setempat. Lokasinya di Taman Riyadah Jalan Merdeka, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

Hampir puluhan warga pengendara roda dua dan empat yang tak memakai masker terjaring dalam razia ini dan langsung diberikan peringatan pertama serta sanksi hukuman membersihkan sampah di sekitarnya.

Hukuman lainnya, warga juga harus mencabut rumput di bahu jalan dengan menggunakan tangan kosong. Lalu, diberikan masker gratis dan diminta untuk tidak mengulangi kesalahannya serta selalu memakai masker. Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto, S.Ik, MH melalui Kompol Adi Sofyan, SH, MH mengatakan, pihaknya melaksanakan kegiatan operasi yustisi dengan sasaran para warga yang tidak mengunakan masker.

Operasi ini dilakukan untuk mengawasi penggunaan masker bagi masyarakat, terutama pengguna jalan. Tujuannya, memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Kota Lhokseumawe.

“Sampai saat ini ada 100 pelanggar yang terjaring operasi yustisi protokol kesehatan Covid-19. Bagi mereka yang tidak memakai masker akan kita berikan tindakan mencabut rumput dan membersihkan sampah,” ujarnya.

Penindakan sanksi sosial lain juga akan diberikan, sesuai tempat dan situasi yang mengacu kepada Peraturan Walikota (Perwal) Nomor: 24 tahun 2020. Sesuai Perwal tadi, bagi masyatakat yang terjaring operasi yustisi, diberikan peringatan tertulis dan kita catat identitasnya sesuai KTP dan tidak diberikan pelayanan pada fasilitas publik.

Bahkan, untuk warga luar kota yang melanggar secara berulang kali akan diberikan tindakan lain yaitu, dikeluar dari wilayah Kota Lhokseumawe. Kabag Ops menghimbau penggunaan masker kepada masyarakat terus ditingkatkan, terutama bagi keluarga dan masyarakat di warung kopi atau cafe, sebabjumlah korban Covid-19 kian bertambah.

“Pemilik warung sudah kita sarankan bawah setiap Sabtu malam ada operasi gabungan sosialisasi penggunaan masker, apabila mereka masih tidak mengindahkan, otomatis izin mereka kita cabut,” tegasnya. (KRO/RD/Ano)

www.radarindo.co.id
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com