5 Jenis Hewan Langka dan Asal Daerahnya, Hampir Punah

Image: 5 Jenis Hewan Langka dan Asal Daerahnya, Hampir Punah

RADARINDO.co.id-Jakarta:
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keanekaragaman flora dan fauna. Walaupun beragam, ternyata banyak spesiesnya yang langka bahkan hampir punah. Ada beberapa jenis hewan langka dan asal daerahnya yang terpencil.

Walaupun beberapa hewan langka tersebut tinggal di wilayah yang terpencil, tak banyak orang yang ingin memburu hewan-hewan tersebut untuk memenuhi kepentingannya sendiri. Namun, tidak semua tempat terpencil dan strategis tersebut bisa dijamah oleh orang banyak.

Inilah yang membuat beberapa tempat strategis menjadi istimewa dan dijadikan rumah bagi berbagai hewan langka. Banyak pulau di Indonesia yang kemudian dijadikan tempat untuk menyelamatkan hewan langka yang tidak bisa ditemui di belahan dunia mana pun.

Cenderawasih

Cenderawasih merupakan spesies endemik yang termasuk ke dalam keluarga Paradisaeidae atau burung dari surge (paradise). Burung agung dan penuh dengan warna ini termasuk jenis hewan langka da nasal daerahnya di Papua, pulau paling timur di Indonesia.

Burung Cenderawasih, terutama yang berspesies jantan, memiliki bulu yang sangat berornamen dan halus dengan warna-warna yang cerah dan ekor panjang yang menggantung dengan anggun di tubuhnya.

Merak

Selain Cenderawasih, ada Merak yang merupakan burung dari keluarga Phasianidae. Merak termasuk ke dalam jenis hewan langka dan asal daerahnya di Pulau Jawa dan Sumatera.

Namun kamu juga bisa menemukan Merak di India dan Malaysia. Namun, Merak di kedua negara tersebut berbeda dengan yang ada di Indonesia. Merak yang ada di Indonesia memiliki keunikannya sendiri, yaitu bulunya yang berwarna-warni.

Selain itu, Merak juga memiliki jenis yang berbeda-beda dan beberapa dari mereka memiliki warna bulu yang berbeda juga. Merak memiliki kepribadian yang sangat tenang, namun di beberapa waktu Merak bisa menjadi agresif.

Komodo

Komodo merupakan salah satu hewan darat terbesar di dunia yang langka bahkan hampir punah. Hewan endemik ini melulu atau selalu hidup di distrik tertentu. Komodo tinggal di suatu pulau yang dinamakan Pulau Komodo, Rinca, Padar, dan Flores.

Beberapa orang yang mengamati ukurannya yang besar dan menyimpulkan bahwa Komodo merupakan kadal tertinggi dan terbesar di dunia. Hal ini dibuktikan dengan panjang tubuhnya yang mencapai tiga meter.

Komodo juga merupakan kerabat dekat dari Dinosaurus dan spesies purba tertua yang masih hidup hingga sekarang. Hal ini terbukti dari ditemukannya fosil-fosil dari jenis Dinosaurus tertentu yang menunjukkan kesamaan struktur tubuh dengan Komodo.

Anoa

Anoa merupakan jenis hewan langka dan asal daerahnya di Sulawesi. Anoa adalah kerbau dengan ukuran yang sangat kecil. Anoa tinggal di dataran rendah dan dataran tinggi.

Hewan ini banyak diburu untuk dijadikan makanan. Ya, sama seperti jenis kerbau lainnya, Anoa juga bisa dimakan. Namun, mengonsumsi daging Anoa ini bisa memabukkan sehingga tidak bisa dikonsumsi.

Elang Jawa

Elang Jawa merupakan salah satu spesies burung elang yang berukuran sedang yang endemic di Pulau Jawa. Elang Jawa memiliki jambul meninjol sejumlah 2-4 helai dengan panjang menjangkau 12 cm.

Ukuran tubuhnya mencapai 60-70 sentimeter dengan bulu coklat gelap pada punggung dan sayap. Selain itu, Elang Jawa juga bercoretan cokelat gelap pada dada dan bergaris dan bergaris tebal coklat gelap di perut. Ekornya cokelat bergaris-garis hitam. (KRO/RD/LP6)

www.radarindo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com