17 Unit Rumah Warga Abdya Rusak Akibat Angin Kencang

Image: 17 Unit Rumah Warga Abdya Rusak Akibat Angin Kencang

RADARINDO.co.id-Aceh:
Sebanyak 17 unit rumah milik warga di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) rusak parah setelah diterpa angin kencang pada Minggu (2/8/2020) lalu sekitar pukul 09.00 WIB pagi. Rata-rata bangunan rusak akibat tertimpa pohon dan sebagian lainnya atap rumah diterjang angin.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Amiruddin Rabu (5/8/2020) membenarkan bahwa laporan yang diterima pihaknya hingga saat ini total kerusakan bangunan akibat angin kencang pada hari Minggu lalu itu sebanyak 17 unit. Dari sejumlah bangunan tersebut, tersebar di beberapa kecamatan dalam Kabupaten Abdya, seperti Lembah Sabil, Manggeng, Tangan-Tangan, Blangpidie, Susoh, Jeumpa dan Kuala Batee.

“Umumnya kerusakan akibat tertimpa pohon yang disebabkan oleh angin kencang, sehingga pohon tersebut tumbang menimpa rumah warga setempat,” ujarnya.

Namun, saat ini tim yang membidangi hal itu sedang turun ke lapangan sekaligus memberikan bantuan berupa seng, tiplek, kayu reng dan sejumlah kebutuhan sandang serta pangan lainnya untuk keluarga yang rumahnya tertimpa pohon termasuk atap rumah yang diterbangkan angin.

Lebih lanjut dikatakan, angka korban angin kencang bisa saja terus bertambah dan pihaknya juga baru saja menerima laporan resmi dari pihak desa tentang adanya satu unit rumah warga yang mengalami kerusakan akibat diterpa angin. Laporan itu sedang diverifikasi oleh pihaknya di lapangan.  Mengenai adanya kerusakan bangunan Dayah Darul Ibadah di Desa Ladang Tuha I, Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Abdya,  dia mengaku belum menerima laporan tentang kondisi bangunan tersebut.  Namun dia sangat berterima kasih atas informasi yang telah disampaikan.

Semua bangunan yang telah dilaporkan rusak akibat angin kencang itu sudah ditangani pihaknya. Yakni dengan membersihkan pohon yang tumbang dan juga sisa-sisa atap rumah yang berterbangan juga telah dilakukan pembersihan.

“Terimakasih telah menginformasikan kepada kami, nanti akan kami cek langsung ke lapangan dan langsung diverifikasi,” tuturnya.( KRO/RD/analisi)

www.radarindo.co.id
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com